• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Series II : Optimalisasi Pengelolaan Limbah Rumah Tangga sebagai Wujud Peningkatan Kualitas Lingkungan

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 65

FIKES UPNVJ - Pada hari Kamis, 23 Juni 2022 telah berlangsung kegiatan Webinar Nasional yaitu Webinar Kesehatan Masyarakat Seri II dengan mengusung tema “Optimalisasi Pengelolaan Limbah Rumah Tangga sebagai Wujud Peningkatan Kualitas Lingkungan”, yang diadakan oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Acara webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta dalam upaya mengoptimalkan pengelolaan limbah rumah tangga sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kualitas lingkungan. Meskipun dilaksanakan via Zoom Meeting, Webinar Kesehatan Masyarakat Seri II ini berjalan dengan lancar dan sukses, dengan diikuti kurang lebih sebanyak 670 peserta yang hadir di Zoom Meeting. Banyaknya peserta tersebut berasal dari berbagai provinsi di Indonesia yang terdiri dari praktisi kesehatan, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat umum.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_09.55.06_(1).jpeg

Tahun ini, rangkaian acara Webinar Kesehatan Masyarakat Seri II terdiri dari 2 sesi pemaparan materi dan tanya jawab, dengan diselingi Ice Breaking “Tebak Gambar”. Dalam sesi pemaparan materi dan tanya jawab diisi oleh empat pembicara dan dimoderatori oleh Fanny Azzahra Putri yang merupakan Mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta. Empat pembicara hebat yang hadir terdiri dari 2 Mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta, yaitu Sarah Aravia Ajda yang membawakan materi “Mengenal Lebih Jauh terkait Limbah Rumah Tangga” dan Maulyda Shakeela Jasmine dengan materi “Kewaspadaan Dini terhadap Dampak Limbah Rumah Tangga”.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_09.55.28_(1).jpeg

Sedangkan 2 pembicara hebat lainnya adalah Dosen Kesehatan Lingkungan Universitas Airlangga, yaitu Professor Soedjajadi Keman, MD., MS., Ph.D. yang mengulas terkait “Metode Pengelolaan Limbah Rumah Tangga yang Efektif dan Berkelanjutan”, yang kemudian dilanjutkan oleh Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta, yaitu Arga Buntara, SKM., MPH., dengan membahas terkait “Inovasi Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Limbah Rumah Tangga”.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_09.54.40_(1).jpeg

Diharapkan dengan adanya Webinar Kesehatan Masyarakat Seri II, mampu meningkatkan pengetahuan seluruh masyarakat yang hadir untuk menerapkan ilmu yang telah disampaikan oleh para pembicara, mengingatkan sesama untuk senantiasa selalu mengelola limbah rumah tangganya sebelum masuk ke Tempat Pembuangan Akhir, dan selalu berinovasi dalam mengolah limbah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis, serta membantu Pemerintah dalam mengatasi limbah dan pendapatan masyarakat. AMP

Informasi