• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Series 1: Wujudkan Indonesia Bebas Obesitas : Upaya Gizi Seimbang, Terapkan Diet Sehat, dan Lakukan Aktivitas Fisik

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 68

FIKES UPNVJ - Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 1 mengangkat topik Gizi Seimbang dengan tema Wujudkan Indonesia Bebas Obesitas: Upayakan Gizi Seimbang, Terapkan Diet Sehat, dan Lakukan Aktivitas Fisik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 19 Juni 2022 melalui Zoom Meeting dan live streaming di Youtube. Kegiatan webinar ini diikuti kurang lebih 810 peserta melalui zoom meeting dan 467 penonton melalui live streaming di Youtube  yang mengikuti acara baik dari kalangan dosen, mahasiswa, maupun umum. 

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.04.21.jpeg

Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 1 tahun ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Dr. Apriningsih, M.KM selaku Dosen Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta, Prof. Dr. Dra.Nurhaedar Jafar, Apt., M.Kes selaku Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, dan Andia Nabila selaku Mahasiswi Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari ketua pelaksana Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 1 yakni Aditya Ferdiansyah. Selanjutnya juga dilanjutkan sambutan oleh Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat yaitu Bapak Arga Buntara, S.KM, MPH,. dan sambutan terakhir sekaligus pembukaan dibuka oleh Bapak Sugianto, SE, MM,.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.02.28.jpeg

Webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ibu Dr. Apriningsih, M.KM terkait Tren Obesitas di Indonesia. Beliau menyebutkan bahwa, “Diperkirakan pada tahun 2030,  satu miliar orang di seluruh dunia, termasuk 1 dari 5 wanita dan 1 dari 7 pria, akan hidup dengan obesitas.” Beliau juga menyinggung bahwa obesitas dapat memicu penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes melitus, kardiovaskular, penigkatan tenakan darah.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.02.34.jpeg

Webinar selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua dari Prof. Dr. Dra.Nurhaedar Jafar, Apt., M.Kes yakni berkaitan dengan Diet Sehat menurut Pedoman Gizi Seimbang. Materi terdiri dari kebutuhan gizi masyarakat menurut usia dan urgensi menjaga status gizi, tren diet di kalangan masyarakat Indonesia, dan bagaimana diet sesuai Pedoman Gizi Seimbang. Beliau juga menyebutkan bahwa, “Diet berkaitan dengan pengaturan konsumsi bukan pembatasan konsumsi.”

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.02.42.jpeg

Kegiatan terakhir yakni pemaparan materi dari Andia Nabila yakni terkait Implementasi Pedoman Gizi Seimbang melalui Isi Piringku dan Aktivitas Fisik. Materi dibagi yakni penjelasan terkait dengan pentingnya mencegah dibandingkan dengan mengobati, Implementasi Isi Piringku dengan Mudah dan Murah dengan slogan “Eat a rainbow”, dan Implementasi Aktivitas Fisik, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, dan pemantauan berat badan.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.01.40.jpeg

Informasi