• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Rapat Tinjauan Manajemen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana (Prodi Kesmas) JUNI 2022

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 109

FIKES UPNVJ - Pada Rabu, 15 Juni 2022 Pukul 10.00 WIB, telah dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana (Prodi Kesmas). Rapat ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh 17 orang dosen tetap. Rapat dipimpin langsung oleh Bapak Arga Buntara, SKM, MPH selaku Kepala Prodi Kesmas Program Sarjana.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.43.21.jpeg

Agenda rapat antara lain membahas kemajuan pelaksanaan skripsi dan membahas hasil survei peminatan mahasiswa aktif Prodi Kesmas Program Sarjana angkatan 2020 yang difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) UPN Veteran Jakarta. Pada agenda pembahasan yang pertama, setiap dosen pembimbing skripsi yang hadir melakukan pemaparan kondisi terkini dari para peserta Skripsi Semester Genap T.A. 2021/2022 yang dibimbing. Dari pemaparan ini, diketahui bahwa sebagai besar peserta telah siap untuk mengikuti Sidang Skripsi Semester Genap T.A. 2021/2022 yang dimulai pada Kamis, 23 Juni 2022. Namun, masih terdapat sebagian yang mengalami kendala dalam pengurusan Ethical Clearance, pengambilan data di lapangan, atau lama tidak terdengar kabar. Selain itu, kami membahas juga tentang kondisi peserta program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Riset yang diikuti oleh empat mahasiswa, yakni Alifah Safira, Ayu Magdalena, Nabila Aulia, dan Dian Pertiwi. Keempat mahasiswa tersebut dibimbing oleh Ibu Dr. Apriningsih, MKM dan akan mengikuti proses diseminasi hasil publikasi artikel jurnal.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.43.28.jpeg

Mengenai agenda pembahasan kedua, yakni survei peminatan, Kepala Prodi Kesmas Program Sarjana mempresentasikan hasil survei yang difasilitasi oleh HMKM UPN Veteran Jakarta pada sepekan sebelumnya. Survei mensyaratkan setiap mahasiswa aktif Prodi Kesmas Program Sarjana angkatan 2020 mengisi dua isian utama, yakni pilihan peminatan prioritas pertama dan pilihan prioritas kedua. Hasi yang paling mencolok dari survei ini adalah mahasiswa yang memilih peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai prioritas pertama mencapai 84 dari 154 mahasiswa aktif (55,3%). Hal ini yang menjadi fokus pembahasan berikutnya karena kelas peminatan K3 yang pada Tahun Ajaran 2022/2023, hanya akan dibuka satu kelas dengan mempertimbangkan kondisi beban dan jumlah sumber daya dosen tetap (berbeda dengan tahun sebelumnya dengan dua kelas peminatan K3 dibuka). Di sisi lain, sebagai prioritas pertama, peminatan Epidemiologi dan Kesehatan Lingkungan meraih jumlah pemilih yang paling kecil, yakni degan 14 (9,2%) dan 9 (5,9%) dari 154 mahasiswa. Skenario berbeda terlihat di pemilihan prioritas kedua dimana peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) meraih pemilih terbanyak dengan 43 dari 154 mahasiswa aktif (28,3%) dan masing-maisng peminatan lainnya berhasil dipilih oleh lebih dari 20 mahasiswa aktif. Setelah itu, setiap dosen perwakilan peminatan mengutarakan pendapat masing-masing mengenai hasil survei peminatan tersebut. Hal yang kemudian perlu dilakukan oleh Prodi Kesmas Program Sarjana adalah membawa hasil rapat ini kepada Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan mengklarifikasi beberapa hal, seperti syarat pembukaan kelas peminatan dan peningkatan kapasitas mahasiswa per kelas.

WhatsApp_Image_2022-06-27_at_10.43.35.jpeg

Dengan pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen Prodi Kesmas Program Sarjana ini, kami berharap semua peserta Skripsi Semester Genap T.A. 2021/2022 dapat menjalani proses sidang dengan lancar. Juga, kami berharap bahwa pembukaan kelas peminatan pada Tahun Ajaran 2022/2023 dapat menemui titik terang. (AB).

Informasi