• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Focus Group Discussion “ Pengalaman TO UKNI Ners dan Persiapan Exit Exam Mahasiswa Program Profesi Ners”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 24 Mei 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 474

FIKES UPNVJ - Program Studi Pendidikan Ners Program Profesi FIKES UPN Veteran Jakarta melakukan inisiasi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada sepuluh perwakilan mahasiswa Ners pada 13 Mei 2022 secara daring melalui platform zoom meeting. Tujuan FGD ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa ketika mengikuti try out UKNI Ners dan upaya yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mempersiapkan uji kompetensi nasional dengan pemberlakuan sistem exit exam. Mahasiswa Ners sudah mengikuti try out (TO) Uji Kompetensi Nasional Indonesia (UKNI) Ners yang pertama pada 26-27 Februari 2022  dan selanjutnya akan direncakan mengikuti exit exam pada Bulan Juli yang akan datang. Sehingga harapannya dari hasil FGD ini dapat menjadi masukan dan tindak lanjut bagi program studi dalam memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan exit exam mahasiswa Ners.

WhatsApp_Image_2022-05-24_at_15.39.14.jpeg

FGD difasilitasi oleh pengelola Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi, Ibu Dora Samaria dan Ibu Cut Sarida Pompey. Topik yang didiskusikan antara lain pengalaman mengikuti TO, tanggapan terhadap hasil TO, manfaat mengikuti TO, tingkat kesulitan soal, kesesuaian materi ujian dengan materi pembelajaran yang didapatkan di akademik dan praktik profesi, dan persiapan yang dilakukan dalam menghadapi exit exam.

WhatsApp_Image_2022-05-24_at_15.38.50.jpeg

Mahasiswa peserta FGD tampak antusias dalam menyampaikan jawaban, saling menguatkan dan menambahkan jawaban dari teman mahasiswa yang lainnya. Mayoritas peserta FGD menyampaikan adanya perasaan cemas dan ketidakyakinan yang penuh ketika melaksanaan ujian TO karena pengalaman pertama dan belum tertalu banyak persiapan khusus karena bersamaan dengan praktik klinik namun dengan pengalaman praktik sangat membantu menjawab soal. Persiapan peserta lebih banyak membaca buku soal dan berlatih soal uji kompetensi dari beberapa sumber online serta diskusi dengan dosen pembimbing praktik profesi. Salah satunya mengikuti undangan tim Mahakarya Citra Utama (MCU) yang memaparkan persiapan strategi dan trik menjawab soal UKOM. Hasil TO pertama yang didapatkan cukup dirasakan cukup namun perlu ditingkatkan kembali sehingga hasilnya optimal pada ujian exit exam.  Harapan peserta dengan waktu yang lebih banyak sebelum exit exam dapat meningkatkan upaya persiapan dengan optimal.

WhatsApp_Image_2022-05-24_at_15.39.02.jpeg

Pengelola Program Studi Pendidikan Profesi Ners Program Profesi mendapatkan hasil kondisi secara fisik dan psikologis mahasiswa Ners dan mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan oleh mahasiswa dalam mempersiapkan TO dan exit exam. Selanjutnya, Program Studi akan memberikan beberapa kali simulasi TO internal untuk mahasiswa dan pengayaan secara intensif sebelum pelaksanaan exit exam bulan Juli. Pengayaan bersama dosen akan dilakukan untuk setiap topik keilmuan yang akan diujiakan pada ujian exit exam Ners. Pengayaan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dan pengalaman yang didapatkan mahasiswa pada saat menghadapi TO sehingga mahasiswa diharapkan siap secara keilmuan, fisik, dan mental menghadapi ujian exit exam Ners.

Informasi