• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

DIKSI KASTRAT I “Pandemi jadi Endemi: Siapkah Indonesia Bersahabat dengan Covid-19?”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 19 April 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 733

FIKES UPNVJ – Diksi Kastrat I merupakan salah satu program kerja Bidang Sosial dan Politik Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FIKES UPNVJ. Diksi Kastrat I menjadi suatu wadah pencerdasan untuk mahasiswa FIKES serta masyarakat umum dalam menanggapi salah satu isu covid-19 yang sedang tren saat ini yaitu seputar transmisi status pandemi ke endemi. Selain itu, Diksi Kastrat I juga membantu memperluas wawasan Mahasiswa FIKES UPN Veteran Jakarta dalam menyikapi isu terkait guna mengambil langkah yang bijak.

Diksi Kastrat I dilaksanakan pada Sabtu, 16 April 2022 dan dilaksanakan secara daring melalui platfrom Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh 135 peserta yang terdiri dari dekanat, dosen, serta para peserta Diksi Kastrat I yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Tema yang diangkat pada Diksi Kastrat I adalah mengangkat tema “Pandemi jadi Endemi: Siapkah Indonesia Bersahabat dengan Covid-19?” dengan harapan peserta bisa memperoleh wawasan lebih luas terkait tema dan topik bahasan, serta mampu meningkatkan pemikiran kritis Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dalam menyampaikan pendapat pada suatu diskusi.

WhatsApp_Image_2022-04-18_at_14.54.28.jpeg

Acara ini berlangsung selama 3 jam 20 menit yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, sesi foto bersama, sambutan dari Ketua Pelaksana Diksi Kastrat I, Ketua BEM FIKES 2022/2023, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ns. Santi Herlina, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep MB yang mewakili Dekan dalam memberikan sambutan. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi 1 dengan topik bahasan “Pandemi menjadi endemi: Bagaimana menurut sudut pandang kesehatan” oleh dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc., Sp.PD yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab bersama para peserta.

WhatsApp_Image_2022-04-18_at_15.02.16.jpeg

Selanjutnya yaitu pemaparan materi kedua dengan topik bahasan “Siapkah Indonesia menghadapi endemi Covid-19?” oleh Dr. Chandrayani Simanjorang, SKM., M.Epid yang juga disambung dengan ruang diskusi dan tanya jawab, dan keduanya dipandu oleh moderator. 

WhatsApp_Image_2022-04-18_at_15.03.21.jpeg

Setelah dilakukan sesi pemaparan oleh masing-masing narasumber, dilanjut dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh MC, dan pada kegiatan Diksi Kastrat I diakhiri dengan pengisian absensi untuk peserta serta penutupan oleh MC. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan baik dan dapat ditingkatkan terus untuk tahun berikutnya yang lebih baik lagi.

Informasi