• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

HIMFIS : Physiotherapy Goes to School “Focus to The Goal with Physiotherapy”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 14 Maret 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 551

FIKES UPNVJ – Telah terselenggara kegiatan rangkaian acara Physiotherapy Goes to School yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 yang dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting dengan tema Focus to The Goal with Physiotherapy. Kegiatan Physiotherapy Goes to School merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga yang bertujuan untuk memperkenalkan Jurusan Fisioterapi yang ada di UPN Veteran Jakarta, Kegiatan ini sebagai wadah dalam memberikan informasi terkait Jurusan Fisioterapi khususnya yang ada di UPN Veteran Jakarta kepada siswa/i kelas 12 SMA/sederajat dengan menghadirkan narasumber-narasumber untuk menyampaikan informasi terkait Jurusan Fisioterapi UPN Veteran Jakarta maupun alur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru.

4.jpg

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Kegiatan acara ini telah dihadiri oleh lebih dari 40 siswa/i kelas 12 SMA/Sederajat di seluruh Indonesia dengan menghadirkan narasumber - narasumber yang luar biasa serta memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas, yaitu Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc., AIFO selaku Kepala Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta, Ibu Fidyatul Nazhira, S.Ftr., Ftr., M.Fis., AIFO dan Maria Lydia Happy Kartika selaku mahasiswi aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2020.

Kegiatan ini dipandu oleh Khaerani Salsabila selaku pembawa acara yang merupakan mahasiswi aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2020. Kemudian kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh pembawa acara, dilanjutkan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dimulai dari Ketua Pelaksana Physiotherapy Goes to School, Ketua Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga, Ketua Jurusan Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, serta dilanjutkan dengan foto bersama dan pemaparan materi oleh narasumber.

2.jpg

Pada pemaparan materi sesi 1 dimoderatori oleh Aliah. Pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc., AIFO yang membahas mengenai Pengenalan Jurusan Fisioterapi UPN Veteran Jakarta. Beliau menyampaikan bahwa Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, komunikasi. Tujuan program pendidikan Diploma Tiga (D-3) adalah memberikan kesempatan kepada Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Paket C, Madrasah Aliyah (MA) untuk memperoleh pendidikan yang berorientasi pada kemampuan keahlian terapan. Sejarah dari Program Studi Fisioterapi diawali dengan diserahkannya Program Studi Fisioterapi kepada pihak UPN Veteran Jakarta di bawah Yayasan Jenderal Sudirman pada tanggal 2 September 1998. Saat ini, Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang berlokasi di Limo Depok. Adapun misi dari Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga yaitu menjadi unggul, inovatif, berkualitas internasional yang berdaya saing pada kekhususan fisioterapi medik dan beridentitas bela negara.

1.jpg

Dilanjutkan pemaparan materi sesi 2 dimoderatori oleh Aliah. Pemaparan materi disampaikan oleh Maria Lydia Happy Kartika yang membahas mengenai salah satu bentuk pelayanan fisioterapi yaitu tindakan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalkan keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit. Secara umum, Jurusan Fisioterapi mempelajari mengenai permasalahan yang berkaitan dengan gangguan fungsi dan gerak tubuh manusia. Adapun perbedaan fisioterapi dengan tukang urut. Pada fisioterapi bentuk pelayanannya berupa promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Serta memberikan macam-macam penanganan seperti terapi latihan, elektroterapi, dan manual terapi.

Sedangkan tukang urut pelayanannya berupa terapi kesehatan tradisional yang menggunakan tekanan pada tubuh, serta dilakukan tanpa alat atau dengan alat disertai pengggunaan baluran minyak hangat atau tanpa baluran.

Selanjutnya pemaparan materi sesi 3 dimoderatori oleh Aliah. Pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Fidyatul Nazhira, S.Ftr., Ftrs., M.Fis., AIFO yang membahas mengenai kegiatan fisik untuk menghindari rasa mager. Aktivitas fisik harian dapat berupa mencuci baju, mengepel, jalan kaki, membersihkan jendela, berkebun, setrika, bermain dengan anak, dan sebagainya. Latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terstruktur dan terencana misalnya adalah jalan kaki, jogging, dll.

Olahraga didefinisikan sebagai aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku dengan tujuan tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar tetapi juga untuk mencapai prestasi. Macam-macam olahraga yaitu seperti sepak bola, bulu tangkis, dll. Beliau menyebutkan beberapa dari manfaat aktivitas fisik diantaranya dapat meningkatkan mood, membuat lebih merasa segar dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal-hal yang dapat kamu lakukan (Things You Can Do)

1.         Jalan Pagi/Sore

2.         Bersepeda

3.         Home Work Out

4.         Dance
Setelah pemaparan materi oleh pembicara ke tiga yang juga menjadi pembicara terakhir pada kegiatan ini, acara selanjutnya dilanjutkan dengan ice breaking yang dipandu oleh pembawa acara. Selanjutnya yaitu sesi tanya jawab dimana para peserta dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan kepada salah satu dari ke tiga pembicara, serta diakhiri dengan penutupan oleh pembawa acara. Sekaligus menjadi akhir dari rangkaian acara Physiotherapy Goes to School.

HIMFIS1.jpg

Manfaat dari Kegiatan Physiotherapy Goes to School ialah untuk mendapatkan pengetahuan terkait jurusan fisioterapi yang ada di UPN Veteran Jakarta. Selain itu, peserta juga mendapatkan gambaran bagaimana perkuliahan mahasiswa jurusan fisioterapi, jalur apa saja yang tersedia jika ingin menjadi mahasiswa baru jurusan fisioterapi di UPN Veteran Jakarta. Kemudian peserta sosialisasi juga mendapatkan pengalaman serta menambah relasi dari berbagai SMA/sederajat baik yang ada di jakarta maupun di luar jakarta. Akhir dari kegiatan Physiotherapy Goes to School ini akan dipublikasikan di sosial media Himpunan Mahasiswa Fisioterapi.

Informasi