• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Proses Pembelajaran Kesehatan Matra Pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners di FIKES UPN Veteran Jakarta Tahun 2022

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 28 Januari 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 155

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 25 Januari 2022, telah berlangsung kegiatan pembelajaran Kesehatan Matra kepada mahasiswa Pendidikan Profesi Ners di Auditorium Tanah Airku, FIKES UPN Veteran Jakarta. Kesehatan Matra merupakan mata kuliah khusus yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, sebagai Kampus Bela Negara. Pada mata kuliah ini, akan dipelajari mengenai peran tenaga kesehatan dalam situasi bencana/darurat guna menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang serba berubah secara bermakna, baik di lingkungan darat, laut, maupun udara. Sehingga, diharapkan mahasiswa bisa menjadi perawat/tenaga kesehatan yang tangguh dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya disegala kondisi ketika lulus nanti.

Matra.jpg

Gambar 1. Pemberian Materi TFG (Tactical Floor Game) Penanganan Bencana Lapangan oleh Ns. Ronny Basirun Simatupang, S.Kep. M.Si (Han)

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa Profesi Ners diberikan materi oleh Ns. Ronny Basirun Simatupang, S.Kep. M.Si (Han) mengenai TFG (Tactical Floor Game) yang menjelaskan mengenai gambaran/simulasi peran tenaga kesehatan ketika menangani korban bencana. Pada pembelajaran TFG (Tactical Floor Game) ini, digunakan peta wilayah nyata yang diasumsikan sebagai wilayah kejadian bencana dan ada juga miniatur seperti tenaga kesehatan dan bangunan-bangunan yang menggambarkan lokasi strategis dalam penanganan korban. Melalui pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa bisa menjadi lebih paham dan mendapatkan gambaran mengenai peran mereka sebagai perawat atau tenaga kesehatan di situasi bencana sebenarnya.

Matra1.jpg

Gambar 2. Pemberian Pelatihan Evakuasi Korban Bencana oleh Desak Nyoman Sithi, SKp, MARS, PhD

Beberapa waktu sebelumnya, mahasiswa juga sudah diberikan pelatihan mengenai stabilisasi korban dengan fraktur, cara mengangkat korban, dan masih banyak lagi. Di pimpin langsung oleh Desak Nyoman Sithi, SKp, MARS, PhD, mahasiswa secara bergilir diberikan kesempatan untuk berlatih skill yang harus mereka kuasai dalam penanganan korban di lokasi bencana. Latihan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya komunikasi dan kepemimpinan dalam situasi bencana

Informasi