• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Bela Negara “Peran Mahasiswa sebagai Wujud Bela Negara dan Rasa Cinta Tanah Air melalui Aksi Tanggap Bencana”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 15 November 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 814

FIKES UPNVJ - Pada Minggu, 7 November 2021, BEM Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta telah melaksanakan Workshop Bela Negara secara daring via zoom meeting  dengan mengusung tema Peran Mahasiswa sebagai Wujud Bela Negara dan Rasa Cinta Tanah Air melalui Aksi Tanggap Bencana. Workshop Bela Negara ini merupakan program Biro PSDM BEM Fakultas Ilmu Kesehatan. Kegiatan Workshop Bela Negara ini sebagai upaya pemahaman yang baik tentang makna bela negara. Sikap bela negara ini salah satunya dapat diimplementasikan melalui tindakan mitigasi dan aksi cepat tanggap dalam meghadapi suatu bencana.

Workshop_Bela_Negara.jpg

Adapun rangkaian acara Workshop Bela Negara ini yaitu Pembukaan oleh Vionita selaku Master of Ceremony, lalu sambutan oleh Salsabila Novitasari selaku Ketua Pelaksana, sambutan oleh Febri Adrian Milenio selaku Ketua BEM FIKES UPN Veteran Jakarta, dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Taufik Maryusman, S.Gz, M.Pd, M.Gizi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.  Kemudian sesi pemaparan materi oleh Narasumber yang dipandu oleh Maudia Indriani selaku Moderator. Narasumber tersebut yaitu Hari Akbar Apriawan (Direktur Eksekutif Indonesia Resilience) dan Siti Luthfiana Hasena (Mahasiswa yang tergabung dalam KSM Batavia).

Workshop_Bela_Negara1.jpg

Lalu dilanjutkan sesi talkshow bersama kedua Narasumber. Sesi talkshow berjalan lancar dan tampak antusiasme dari peserta untuk mengulik narasumber mengenai hal apa yang membuat kedua Narasumber kita tergerak hatinya untuk peka terhadap lingkungan sekitar melalui kegiatan relawan kebencanaan. Kemudian sesi ice breaking dan dilanjutkan sesi sharing dan pengenalan KSM Batavia kepada para peserta terutama mahasiswa baru Fakultas Ilmu Kesehatan.

Di penghujung acara, MC mengumumkan untuk apresiasi peserta teraktif saat sesi talkshow berlangsung. Selanjutnya acara diakhiri dengan pengisian link post test dan evaluasi oleh peserta.

Informasi