• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

HIMADIKA : Webinar Internasional “Eliminate Negative Stigma, Control Covid Actively”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 11 Oktober 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 258

FIKES UPNVJ - Pada hari sabtu, 09 Oktober 2021 telah berlangsung kegiatan Webinar Internasional Himpunan Mahasiswa Keperawatan Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta dengan tema “Eliminate Negative Stigma, Control Covid Actively”. Kegiatan ini dilakukan melalui via online melalui zoom meeting dan live streaming di YouTube Chanel Himadika UPNVJ. Jumlah peserta yang hadir dalam via zoom meeting yaitu 222 peserta. Kegiatan Webinar Internasional ini didukung oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, dan dosen pendamping pada kegiatan ini , yaitu Wiwin Winarti. Kegiatan ini telah dihadiri oleh Kepala Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Yaitu Ns. Rokhaidah, M.Kep., Sp.Kep.An, dan jajaran dosen lainnya, serta beberpa mahasiswa angkatan 2019/2020/2021.

Himadika1.jpg

Acara ini bertujuan Untuk memberikan pengetahuan mengenai vaksin COVID-19 kepada seluruh Mahasiswa/i Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga, Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Mahasiswa/i D3, S1, Profesi Ners Keperawatan dan seluruh masyarakat umum. Untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada seluruh peserta apa saja manfaat dari vaksin, dan pentingnya vaksin di masa pandemi COVID-19. Untuk menghilangkan penilaian dan sudut pandangan negatif terkait vaksin COVID-19.Vaksin merupakan salah satu temuan untuk mencegah penyakit yang paling efektif. Vaksin juga merupakan salah satu komponen yang dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh dari berbagai virus dan bakteri. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan maka diperlukan pemberian imunisasi. Imunisasi adalah suatu upaya untuk membentuk atau meningkatkan kekebalan tubuh, baik orang dewasa maupun anak-anak, terhadap suatu penyakit. Tujuan pemberian imunisasi adalah untuk mencegah penyakit tertentu atau menghindari risiko munculnya gejala yang berat saat terserang suatu penyakit. Salah satu bentuk imunisasi adalah dengan pemberian vaksin. Vaksin merupakan suatu antigen atau benda asing yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk menghasilkan reaksi kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Himadika2.jpg

Webinar internasional Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta 2021 ini dibawakan oleh Ibu Megah Andriany, S.Kp., M,Kep., Sp.Kom., Ph.D, sebagai pembicara satu dengan judul  Stigma Masyarakat Terhadap Vaksin Covid-19”. Dalam Webinar Internasional yang disampaikan oleh Ibu Megah Andriany, S.Kp., M,Kep., Sp.Kom., Ph.D, menjelaskan bahwa stigma adalah pandangan negatif karena ciri khas atau sifat pribadi yang di anggap sebenernya merugikan. Untuk pembicara kedua adalah Muhammad Arsyad Subu, RN, PhD dengan judul “Vaksinasi Covid-19 : kupas sepenuhnya efektivitas vaksinasi”.

Dalam Webinar Internasional yang disampaikan oleh Muhammad Arsyad Subu, RN, PhD , menjelaskan bahwa Coronavirus disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernafasan akut parah coronavirus 2 (SARS-CoV-2) (WHO, 2020). Untuk pembicara ketiga  adalah Ns. Fiora Ladesvita,M.kep., Sp,Kep. MB  dengan judul “Optimalisasi Peran Perawat dalam Menghadapi Tantangan Vaksinasi di Era Revolusi Industri 5.0”.

Himadika.jpg

Informasi