• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Pengaturan dan Modifikasi OJS Jurnal FIKES UPNVJ

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 19 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 572

FIKES UPNVJ - Unit Pengembangan Jurnal (UPJ) melakukan implementasi salah satu sasaran program kerja yaitu optimalisasi penggunaan Open Journal System (OJS) tiap jurnal FIKES UPNVJ, termasuk mengadakan workshop pengaturan dan modifikasi OJS pada Jumat, 16 Juli 2021. Tujuan workshop ini adalah memodifikasi keterbaharuan tampilan/layout design OJS yang menjadi perhatian penting untuk menciptakan OJS yang informatif dan menarik serta khususnya untuk mendukung penilaian akreditasi jurnal FIKES UPNVJ.

OJS.jpg

Workshop ini dihadiri oleh anggota UPJ dan tim pengelola enam (6) jurnal FIKES UPNVJ yaitu International Journal of Health Development (IJHD), Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (JIKM), Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia (JKWGI), Indonesian Journal of Nutritional Sciences (IJNS), Indonesian Journal of Physiotherapy (IJP), dan  Health Safety Environment Journal (HSEJ). Workshop ini juga dihadiri oleh wakil dekan bidang akademik, wakil dekan umum, dan wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama. Wakil dekan bidang akademik, Taufik Maryusman, S.Gz., M.Pd., M.Gizi membuka workshop dan menyampaikan bahwa fakultas mendukung penuh untuk jurnal FIKES terus berusaha mengembangkan kapasitas dan kualitas secara konkrit dalam pengelolaan jurnal untuk mendapatkan akreditasi jurnal sesuai target sehingga dapat memenuhi PK Fakultas.

Narasumber workshop ini adalah bapak Amriyadi Gerha Permana, tutor Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Korda DKI Jakarta sekaligus wakil ketua pengurus RJI Korda DKI Jakarta 2020-2023. Beliau juga merupakan pengelola Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, pendamping Jurnal Kajian Lemhannas RI, dan pendamping Jurnal PKM UP. Narasumber telah memaparkan kriteria desain laman website OJS yang berciri khas dan informatif. Tampilan laman website OJS dan desain sampul perlu memiliki kekhasan dan infromasi penting seperti tim penyunting, petunjuk penulisan, tujuan penerbitan, lingkup bidang ilmu, penerbit, alamat jurnal, etika publikasi, dan pengideks yang perlu ada pada halaman depan OJS.

OJS1.jpg

Diskusi interaktif pada workshop ini berdasarkan paparan materi, hasil review dari narasumber terkait tampilan OJS, dan kebutuhan pengaturan dan modifikasi dari setiap jurnal. Hasil diskusi akan ditindaklanjuti dengan kerja bersama dalam pengaturan dan modifikasi OJS antara tim fasilitator design dan tim pengelola jurnal.

Informasi