• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kesehatan Masyarakat Seri VII : Invest-ASI untuk Masa Depan Si Kecil

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 19 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 107

FIKES UPNVJ -  Pada hari Minggu, 18 Juli 2021, Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana telah melaksanakan Webinar Kesehatan Masyarakat Seri VII dengan Topik Air Susu Ibu (ASI). Webinar Seri VII kali ini mengusung tema Invest-ASI untuk Masa Depan Si Kecil. Acara dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting yang dihadiri oleh 459 partisipan dan live Youtube yang disaksikan oleh 30 viewers dari berbagai institusi dan kalangan masyarakat pada pukul 09.00—12.00 WIB. 

ASI.jpg

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman utuh bagi mahasiswa mengenai masalah-masalah kesehatan masyarakat dan melakukan upaya pemecahan masalah atau intervensi sesuai dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan serta pengetahuan kepada peserta webinar terkait tema yang dibawakan. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait ASI sebagai salah satu upaya meningkatkan kesehatan si kecil dan pada akhirnya mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

ASI1.jpg

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa aktif serta dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana sebagai pengisi acara. Acara dibuka oleh saudara Muhammad Salman (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2018) sebagai MC Webinar Kesehatan Masyarakat Seri VII: Invest-ASI untuk Masa Depan Si Kecil. Sesi pertama diawali dengan pemaparan oleh keynote speaker yaitu saudari Rafiah Zakyyah (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2018) memaparkan materi dengan judul “Kondisi Cakupan ASI Eksklusif dan Pentingnya ASI Eksklusif bagi Si Kecil”.

ASI2.jpg

Selanjutnya, acara dipandu oleh moderator yaitu saudari Dhea Fakhira (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2018). Pemaparan berikutnya disampaikan oleh pembicara pertama yaitu saudari Rahmiza (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2018) yang memaparkan materi dengan judul “Pemberian MPASI sebagai Pendukung ASI Eksklusif”.

ASI3.jpg

Setelah itu, pembicara kedua yaitu Ibu Dr. Apriningsih, SKM, MKM. (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ) yang memaparkan materi dengan judul “Masalah-Masalah dalam Pemberian ASI dan Teknik Menyusui Bayi”.

ASI4.jpg

Kemudian, acara dilanjutkan ke sesi Ice Breaking yang kembali dipandu oleh MC. Setelah itu, dilanjutkan sesi talkshow dengan narasumber Ibu Chahya Kharin Herbawani, S,Keb.,Bd, M.K.M. (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ) yang membahas beberapa pertanyaan mengenai “ASI vs Susu Formula” yang kembali dipandu oleh moderator.

ASI5.jpg

Setelah itu, dilakukan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator kepada para pembicara.

ASI6.jpg

Setelah dipaparkannya materi tersebut oleh para pembicara Webinar Kesehatan Masyarakat Seri VII, maka diharapkan masyarakat, terutama para ibu dan calon ibu, lebih peduli dengan pemberian ASI kepada si kecil yang merupakan salah satu faktor penentu kesehatan buah hati. Si kecil adalah generasi penerus bangsa, maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan kesehatannya sejak dini. Mari kita dukung pemberian ASI eksklusif kepada si kecil untuk tumbuh kembangnya. (Panitia Webinar Seri VII)

ASI7.jpg

Informasi