• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 1: Keluarga Berencana “Pentingnya Edukasi Perencanaan Keluarga Sejak Dini, Menuju Indonesia Sejahtera”

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 08 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 866

FIKES UPNVJPada hari ini, Rabu, 7 Juli 2021, Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana telah melaksanakan Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 1 dengan Topik Keluarga Berencana. Webinar Seri 1 kali ini mengusung tema Pentingnya Edukasi Perencanaan Keluarga Sejak Dini, Menuju Indonesia Sejahtera. Acara dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting pukul 09.00 – 12.00 WIB serta dihadiri oleh 272 partisipan dari berbagai institusi dan kalangan masyarakat.

WhatsApp_Image_2021-07-08_at_09.21.48.jpeg

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya usia remaja, mengenai Perencanaan Keluarga dan Pernikahan Dini. Selain itu juga diharapkan remaja Indonesia dapat menjadi Remaja Generasi Berencana yang memiliki pengetahuan yang baik terkait KB dan Perencanaan Keluarga.

Pada kegiatan kali ini melibatkan mahasiswa aktif serta dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana untuk menjadi pengisi acara.

Pembicara pertama yaitu saudari Elisabeth Kristina Ari Nugrahanti (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana), beliau memaparkan materi dengan judul “Keluarga Berencana”.

WhatsApp_Image_2021-07-08_at_09.23.13.jpeg

Selanjutnya, pembicara kedua yaitu saudari Rahayu Putri Nopitasari (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana), beliau memaparkan materi dengan judul “Perencanaan Keluarga”.

WhatsApp_Image_2021-07-08_at_09.22.25.jpeg

Setelah kedua pembicara menyampaikan materi, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow yang dimoderatori oleh saudari Carrisa Sania Andarani yang merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana bersama dengan kedua pembicara yang berasal dari Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana.

WhatsApp_Image_2021-07-08_at_09.22.13.jpeg

Sesi Talkshow diawali dengan pemaparan sedikit materi oleh kedua pembicara. Pembicara yang ketiga yaitu Ibu Putri Permatasari, SKM, MKM, memaparkan materi terkait Pernikahan Dini dengan judul “Pernikahan Dini di Indonesia: Faktor dan Peran Pemerintah (Perspektif Penegakan dan Perlindungan Hukum bagi Anak”.

WhatsApp_Image_2021-07-08_at_09.21.59.jpeg

Dilanjutkan dengan pemaparan oleh pembicara kedua yaitu Ibu Dr. Laily Hanifah, SKM, M.Kes, beliau membawakan materi terkait Remaja Generasi Berencana dengan judul “Remaja Indonesia, Remaja Generasi Berencana”.

Lalu sesi talkshow dilaksanakan dengan moderator memberikan beberapa pertanyaan pemantik terkait dengan topik Pernikahan Dini dan Remaja Generasi Berencana serta berlanjut dengan tanya jawab dari pertanyaan yang diberikan peserta. Selama sesi talkshow berlangsung, juga diselingi dengan games yang menarik untuk merelaksasi para peserta.

KB.jpg

Dengan dipaparkannya materi tersebut oleh keempat pembicara Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 1, maka diharapkan masyarakat, terutama remaja lebih peduli terkait Keluarga Berencana dan isu-isu kesehatan terkait KB lainnya. Serta diharapkan juga KB tidak hanya sebagai ilmu yang hanya sekedar masyarakat tahu “Dua Anak Lebih Baik” tetapi juga perlu direncanakan dengan matang sebelum membangun sebuah keluarga. Mari kita lindungi generasi masa depan bangsa, karena ini adalah saatnya yang muda yang berencana. (Panitia Webinar Seri 1)

Informasi