• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pembuatan Tepung Bayam Oleh Mahasiswi Program Studi Gizi Program Sarjana

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 07 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 2001

FIKES UPNVJ - Pada praktikum Teknologi Pangan Prodi Gizi Program Sarjana, Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan proses pembuatan tepung dari berbagai sayuran. Diantaranya sayur bayam. Bayam (Amaranthus) adalah tumbuhan yang dikenal sebagai sumber zat besi yang penting bagi tubuh manusia dan sangat mudah di dapatkan dikehidupan sehari-hari. Zat Besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis sehingga berguna bagi penderita anemia. Selain Zat besi bayam juga mengandung beberapa vitamin dan mineral lainnya diantaranya vitamin A, C, Kalsium dan kalium.

Tepung bayam menjadi salah satu alternatif agar bayam dapat memiliki daya simpan lebih lama dan bermanfaat sebagai campuran makanan olahan, cocok untuk anak yang susah atau tidak menyukai sayuran. Selain itu tepung bayam juga dapat digunakan sebagai bahan campuran pembuatan mie, nugget, dan lain sebagainya.

Tepung_Bayam1.jpg

Proses pembuatan tepung bayam dilakukan di laboratorium Pengolahan Pangan Prodi Gizi Program Sarjana. Proses pembuatan diawali dengan pemilihan bahan dasar yang segar. Daun Bayam di petik satu persatu kemudian dicuci, ditiriskan disusun diatas Loyang kemudian di oven selama 3 jam dengan suhu 60oC. Setelah itu bayam digiling atau dihaluskan menggunakan food processor kemudian diayak.

Tepung_BAyam.jpg

Selain sebagai pemenuhan tugas kuliah, kegiatan ini juga diharapkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan kompetensi dibidang Teknologi Pangan sehingga mampu diterapkan dikehidupan sehari-hari, sebagai bekal mengikuti perkembangan industry pangan maupun sebagai modal untuk berwirausaha dibidang pangan sehat yang mengandung gizi seimbang. 

Informasi