• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional HIMFIS "KATA FATAH (Kenali, gejAla, aTAsi, FAkta, miTos, dan cegAH) Mengenai Rematik pada Usia Lanjut”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 31 Mei 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 276

FIKES UPNVJ - Telah terselenggara kegiatan rangkaian acara “Webinar Nasional: KATA FATAH (Kenali, gejAla, aTAsi, FAkta, miTos, dan cegAH) Mengenai Rematik pada Usia Lanjut” yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 yang dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting dengan tema “KATA FATAH (Kenali, gejAla, aTAsi, FAkta, miTos, dan cegAH) Mengenai Rematik pada Usia Lanjut”. Kegiatan Webinar Nasional ini dilakukan guna melatih Mahasiswa Program Studi Fisioterapi UPN Veteran Jakarta menggunakan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat yang masih  buta akan penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi dan gerak tubuh akan mendapatkan informasi melalui kegiatan ini. Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta kepada masyarakat sangat penting  dilakukan untuk mengenalkan fisioterapi dan menjadi langkah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Mitos_foto2.jpg

Kegiatan Webinar Nasional dengan tema “KATA FATAH (Kenali, gejAla, aTAsi, FAkta, miTos, dan cegAH) Mengenai Rematik pada Usia Lanjut” ini merupakan kolaborasi antara FIKES UPN Veteran Jakarta dengan Universitas Abdurrab yang berdasar kepada Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat karena peserta dapat meningkatkan pengetahuan sesuai dengan pembahasan pada Webinar Kesehatan Nasional. Kegiatan ini telah dihadiri oleh lebih dari 70 Mahasiswa/I  UPN Veteran Jakarta, Universitas Abdurrab, Poltekkes Kemenkes Jakarta, Universitas Syiah Kuala, AKAFARMA Banda Aceh, Universitas Teuku Umar, Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Indonesia, dan Institut Teknologi Sumatera, serta masyarakat umum yang terdiri dari orang tua Mahasiswa, dll.

Dekan_Mitos.jpg

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.40 WIB. Kegiatan Webinar Nasional ini menghadirkan narasumber - narasumber yang luar biasa serta memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas, yaitu Ibu Ayu Permata, SST.FT, M.Fis yang merupakan Dosen Program Studi Fisioterapi Universitas Abdurrab, Ibu Fidyatul Nazhira, S.Fis., Ftr, M.Fis yang merupakan Dosen Program Studi Fisioterapi UPN Veteran Jakarta, dan Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr.yang merupakan Kepala Program Studi Fisioterapi dan Dosen Fisioterapi UPN Veteran Jakarta.

Rematik.jpg

Kegiatan ini dipandu oleh Nadira Alifia Putri selaku MC yang merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2020. Kemudian kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh MC, sambutan ketua Pelaksana Webinar Nasional: “KATA FATAH (Kenali, gejAla, aTAsi, FAkta, miTos, dan cegAH) Mengenai Rematik pada Usia Lanjut” oleh Anata Nagari yang merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta angkatan 2020 , sambutan Kepala Program Studi Fisioterapi UPN Veteran Jakarta oleh Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, sambutan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta oleh Bapak Dr. drg. Wahyu Sulistiyadi, M.A.R.S serta dilanjutkan dengan foto bersama oleh seluruh panitia dan peserta, serta dilanjutkan dengan pemaparan materi Panel 1oleh narasumber beserta sesi tanya jawab.

Mitos_dan_Fakta.jpg

Pada Panel 1 terdiri dari dua pembicara dan dimoderatori oleh Adela Vania Putri. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bunga Anisa yang membahas mengenai Mengenal lebih dekat mengenai reumatik pada usia lanjut. Di dalam pemaparannya, Bunga menyampaikan beberapa hal mengenai pengenalan, penyebab, gejala, faktor risiko, dan pengobatan mengenai penyakit rematik atau rheumatoid arthritis. Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Ibu Ayu Permata, SST.FT, M.Fis yang membahas mengenai Fakta dan Mitos mengenai reumatik yang tumbuh di tengah masyarakat awam. Di dalam pembahasannya, beliau memaparkan beberapa fakta dan mitos yang berhubungan dengan penyakit reumatik seperti mitos dari penyakit rematik yang disebabkan karena cuaca dingin, mitos mengenai penyakit rematik disebabkan oleh asam urat, dsb. Setelah pemaparan materi kedua disampaikan, sesi tanya jawab dibuka oleh panitia.

Bejemur.jpg

Kegiatan dilanjutkan dengan Ice breaking selama 10 menit dan dilanjutkan kembali dengan Panel 2 yang terdiri dari dua pembicara dan dimoderatori oleh Adela Vania Putri. Pemaparan materi ketiga disampaikan oleh Ibu Fidyatul Nazhira, S.Fis., Ftr, M.Fis yang membahas mengenai Variasi tindakan sederhana dalam pencegahan dan mengatasi penyakit reumatik. Di dalam pemaparannya, beliau menyampaikan beberapa hal mengenai pencegahan penyakit rematik atau rheumatoid arthritis seperti berjemur di bawah sinar matahari, memperbaiki pola makan, dsb. Beliau juga menyampaikan mengenai bagaimana penanganan seperti kompres es dan peregangan.

Latihan.jpg

Pemaparan materi keempat disampaikan oleh Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr yang membahas mengenai Variasi terapi latihan sebagai manajemen fisioterapi pada penanganan pasien penderita rematik. Di dalam pembahasannya, beliau memaparkan beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan oleh penderita rematik atau rheumatoid arthritis dengan contoh gerakan latihannya ditampilkan menggunakan media gambar. Setelah pemaparan materi kedua disampaikan, sesi tanya jawab dibuka oleh panitia.

Mitos_foto_bersama1.jpg

Setelah pemaparan materi oleh pembicara keempat yang juga menjadi pembicara terakhir pada kegiatan ini dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai senam untuk penderita rematik, pembacaan pemenang doorprize, serta diakhiri dengan penutupan oleh MC.

Mitos_foto_bersama.jpg

Manfaat dari Webinar Nasional sebagai bentuk Pengabdian Masyarakat ini ialah sebagai wadah bagi para peserta dan masyarakat yang masih buta akan informasi mengenai penyakit rematik seperti mengatasi dan bagaimana langkah pencegahannya pada usia lanjut. Selain itu, manfaat utama dari pelaksanaan webinar ini ialah melatih Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta menggunakan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan dan mengenalkan peran fisioterapi kepada masyarakat.

Informasi