• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Peningkatan Kualitas Pegawai dalam Pelayanan Prima Di Lingkungan FIKES UPNVJ

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 24 Mei 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 281

FIKES UPNVJ - Tenaga Kependidikan merupakan salah satu unsur yang berperan penting dalam pelayanan di instansi UPN Veteran Jakarta, sehingga perlu kegiatan “Peningkatan Kualitas Pegawai dalam Pelayanan Prima Di Lingkungan FIKES dan FT UPNVJ” perlu dilakukan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 24 Mei 2021 di Aula Tanah Airku Lantai 5 Kampus Limo UPN Veteran Jakarta. 

WhatsApp_Image_2021-05-24_at_08.43.26.jpeg

Dalam kegiatan ini paparan pertama disampaikan oleh Bapak Satria Yudhia Wijaya, SE, MS,Ak selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan. Beliau menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh tenaga pendidikan selama bekerja dilingkungan UPN Veteran Jakarta diantaranya tenaga kependidikan wajib menjaga Barang Milik Negara (BMN) dengan sebaik-baiknya, penggunaan ATK sesuai dengan kebutuhan, menjaga segala kerahasiaan dokumen instansi serta selalu menyesuaikan perubahan nomenklatur (stempel dan kop surat) yang berlaku, Laporan Pertanggungjawaban jangan terlambat,  memperhatikan deadline pelaporan ke pihak luar serta arsip tertata dengan rapih.Tenaga kependidikan harus memiliki sikap budaya pikir, disiplin, selalu update data di kepegawaian, mematuhi aturan, rutin mengirim SKP dan e-logbook kepada atasan serta bijak dalam penggunaan sosial media ketika jam kerja.

service1.jpg

Selain itu Bapak Taufik Muih, S.Pd selaku staff kepegawaian memberi tambahan informasi bahwa saat ini Absensi kepegawaian langsung terkoneksi langsung dengan kemendikbudristek sehingga kedisiplin perlu ditingkatkan dan diperhatikan.

service2.jpg

Selanjutnya paparan dilanjutkan oleh Bapak Prasetyo Hadi, SE.,MM.,CFMP selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan. Beliau menjelaskan bahwa dalam bekerja kita harus memberikan layanan prima. Layanan prima adalah layanan diatas rata-rata dan unggul dengan melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada stakeholders sehingga menjadi merasa puas. Tujuan layanan prima diantaranya Memberi pelayanan yg berkualits, memberi solusi tuntas, menghindari berbagai tuntutan atau complain, menumbuhkan rasa percaya, stakeholders merasa diperhatikan dan diperlakukan secara baik, sehingga dapat memberi nama baik kepada UPNVJ. Layanan Prima dapat memberikan manfaat diantaranya dapat memberikan upaya meningkatkan kualitas pelayanan organisasi maupun pemerintah kepada stakeholders serta dpt menjadi acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan. Selain layanan prima memiliki fungsi seperti melayani pelanggan dg ramah, tepat dan cepat, menciptakan suasana masyarakat dianggap penting dan memberi kepuasan masyarakat. Dengan demikian layanan prima dapat dilakukan dengan 3 konsep dasar yakni:
1. Konsep sikap : ramah penuh perhatian, memiliki rasa bangga pada organisasi
2. Konsep perhatian : Saat melakukan pelayanan perlu memperhatikan dan mencermati kebutuhan
3. Konsep tindakan : Lakukan aksi sesuai kebutuhan
Sebagai penutup paparan Bapak Prasetyo Hadi menyampaikan bahwa seseorang yang melakukan karakteristik kualitas layanan prima tercermin dari pnampilan, sopan dan ramah, kesediaan melayani, pengetahuan dan keahlian, tepat waktu dan janji, kejujuran dan kepercayaan, efisien, kepastian hukum, keterbukaan biaya, tidak rasial, kesederhanaan.

service3.JPG

Informasi