• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengarahan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 Semester Genap T.A 2020/2021 Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 26 Maret 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 392

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat, 26 Maret 2021, telah dilaksanakan pengarahan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana melalui platform Zoom Meeting pukul 13.30 —15.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh 141 mahasiswa/i aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Angkatan 2018, Dosen Pembimbing PBL 2, dan Kaprodi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta.

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan arahan kepada seluruh mahasiwa/i Program Studi Kesehatan Masyarakat Angkatan 2018 untuk melaksanakan kegiatan PBL 2 yang akan diselenggarakan selama beberapa minggu ke depan. Pengarahan pada hari ini dipimpin oleh Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Bapak Arga Buntara, SKM, MPH.

PBL.jpg

Konsep PBL 2 kali ini terbagi menjadi dua penilaian, yaitu penilaian individu dan penilaian kelompok. Pada penilaian individu, akan dilakukan advokasi dan intervensi oleh mahasiswa kepada RT/RW setempat, kader kesehatan, dan keluarga yang diwawancara pada saat PBL 1 lalu, sedangkan untuk penilaian kelompok akan diselenggarakan webinar yang mengangkat isu kesehatan tertentu.

PBL2.jpg

Harapannya, melalui kegiatan PBL 2 Semester Genap TA 2020/2021 ini, mahasiswa/i Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2018 mendapatkan pengalaman utuh mengenai masalah-masalah kesehatan masyarakat dan melakukan upaya pemecahan masalah kesehatan yang ada di domisili mahasiswa yang bersangkutan, mampu mengetahui karakteristik demorafi, sosial-budaya di wilayah kerja, struktur organisasi, dan tata kerja institusi kesehatan dan insitusi terkait, mampu memprioritaskan permasalahan kesehatan untuk kepentingan intervensi dan advokasi, mampu mengedukasi masyarakat mengenai permasalahan kesehatan yang telah diidentifikasi, mampu merumuskan gagasan solusi bagi permasalahan kesehatan yang telah diidentifikasi, serta mampu melakukan intervensi kesehatan kepada masyarakat.

Informasi