• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga (HIMADIKA)

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 27 Maret 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1568

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 telah berlangsung kegiatan Webinar Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Keperawatan Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Wirausahawan Muda Yang Kreatif dan Inovatif di Era Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini dilakukan via online melalui zoom meeting dan live streaming di YouTube Channel Himadika UPNVJ. Jumlah peserta yang hadir dalam via zoom meetingyaitu sekitar 256 peserta. Kegiatan Webinar Kewirausahaan ini didukung oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, dan dosen pendamping pada kegiatan ini, yaitu Widayani Wahyuningtyas, S.E., MM. Kegiatan ini telah dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan yaitu Sugianto, SE, MM, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yaitu Putri Permatasari, SKM., MKM, Kepala Jurusan KeperawatanNs. Wiwin Winarti M.Epid., M.N, Kepala Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga yaitu Ns. Rokhaidah, M.Kep., Sp.Kep.An, dan jajaran dosen lainnya, serta beberapa mahasiswa/umum dari berbagai institusi.

KWH2.jpg

Acara ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif dan inovatif sebagai bekal dalam berwirausaha. Mind set seorang entrepreneur  haruslah terbentuk terlebih dahulu sebelum melangkah. Pola pikir itu akan sangat mempengaruhi proses dan hasil yang akan dicapainya kelak. Pola pikir merubah gagasan/ide menjadi sesuatu yang nyata. Diperlukan suatu kemampuan inovatif bagi seorang entrepreneur , untuk menterjemahkan gagasan/ide yang dimilikinya menjadi sesuatu yang nyata. Selain menciptakan sumberdaya manusia yang kreatif dan inovatif, acara ini pun bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa dan masyarakat untuk berani berwirausaha, sehingga menyadari akan pentingnya entrepreneur untuk kemandirian perekonomian bangsaIndonesia. Karena pada dasarnya generasi muda adalah agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang dirintis sejak dari bangku perkuliahan.

KWH1.jpg

Webinar Kewirausahaan Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta 2021 ini dibawakan oleh Dr. Taty Sugiarti, S.H., M.H.Kes sebagai pembicara satu dengan judul “Cara Menjadi Wirausahawan Muda yang Kreatif dan Inovatif”.

Dalam sharing yang disampaikan oleh Dr. Taty Sugiarti, S.H., M.H.Kes, menjelaskan bahwa wirausaha adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki keberanian untuk berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala upaya dalam  mencangkup kepintaran mengidentifikasi produk baru, menemukan cara baru untuk memproduksi, melakukan penyusunan operasi dalam menciptakan produk baru yang sesuai dan menjadi produk yang tetap ada sepanjang jaman, menjual dan memasarkan produk yang diciptakan, serta mampu memanajemen modal operasi guna menghasilkan produk yang memiliki nilai yang lebih baik.  Prinsip dari wirausaha adalah memiliki karakter untuk produk yang dibuat.

Dalam berwiusaha harus mencari pasion tertentu dalam diri sendiri, dapat memilih bidang mana yang disukai dan dunia berbinis harus memiliki etika serta mencoba melakukan kolaborasi dengan perusahan-perusahaan untuk bertahan dalam bisnis yang dijalani. Tujuan kewirausahaan adalah untuk :

  1. Memajukan dan mensejahterakan orang banyak
  2. Meningkatkan enterprenur yang memiliki kualitas
  3. Menyebar kemauan di masyarakat untuk menjadi enterprener
  4. Menumbuhkan semangat wirausaha, dengan mengajak generasi muda untuk memulai berwirausaha guna memajukan ekonomi masyarakat
  5. Menyebarkan semangat berinovasi
  6. Memberikan manfaat sosial

Sikap dan Perilaku seorang wirausaha :

  1. Jujur                                                               
  2. Rajin dan tepat waktu                        
  3. Memiliki personality yang baik, bagaimana kita menyikapi sikap pelanggan yang purang memahami terhadap suatu produk              
  4. Fleksibel                                                         
  5. Bertanggungjawab                                         
  6. Memiliki kemampuan organisir                      
  7. Mampu memanajemen risiko
  8. Optimis
  9. Mampu mengelola Keungan
  10. Realitis menerima hasil                                  
  11.  Energik
  12.  Ingin berprestasi

Tips menjadi wirausaha yang berhasil :

  1. Emiliki visi dan tujuan yang jelas, memiliki karakter
  2. Inovasi dan proaktif, adanya inovasi untuk menciptakan produk baru
  3. Berorientasi pada resiko, memiliki felling bisnis
  4. Kerja keras, tidak berdiam diri dengan terus mengembangkan bisnis yang sudah dijalani
  5. Bertanggung jawab
  6. Komitmen, berhadapan dengan perusaha-perusahaan besar yang akan saling berkomitmen
  7. Mengembangkan hubungan baik dengan berbagai pihak

KWH.jpg

Untuk pembicara kedua adalah Arief Yanto Rukmana, S.T., M.M dengan judul Peluang dan Tantangan dalam berwirausaha pada saat Pandemi Covid-19”.

Dalam sharing yang disampaikan oleh Arief Yanto Rukmana, S.T., M.M, menjelaskan bahwa Beliau memulai pengalaman berbisnis sudah dimulai sejak dibangku sekolah dimana saat menjadi ketua dalam suatu organisasi membangun sebuah organisasi bisnis. Wirausaha ini dapat memberikan kebaikan untuk banyak orang yang ada disekeliling kita. Dunia bisnis berubah begitu cepat dimana kita harus memiliki kreatifitas dan memiliki inovasi dan mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada. Memiliki ilmu bagi seorang wirausaha adalah suatu hal yang penting karena dengan adanya ilmu kita dapat membuat rancangan bisnis dan mampu berdaya saing dengan pembisnis lain. Jika ingin sukses kita harus memiliki intrumen yang bagus, misalnya dengan adanya input yang baik, seperti kebiasaan yang dapat membentuk karakter seseorang.

KWH3.jpg

Memulai berbisnis pada masa kini adalah bisnis yang menyelesaikan masalah, berbisnis tidak harus dengan modal yang besar namun dengan modal yang ada dan harus mengikuti komunitas bisnis. Bisnis yang kita jalanin dapat berkembangan dengan adanya kerja sama dengan pihak lain. Memiliki modal yang bukan hanya berdasarkan keuangan namun terdapat dari ide, passion, talent, keahlian, pengalaman, tenaga, network dan partner yang dapat menjadi awal untuk membangun usaha. Enterpreneur harus berjiwa besar dan mampu memanfaat peluang  yang ada untuk mencapai bright spot, dengan memiliki minset yang positif, produktif, berani mengambil resiko, kreatif dan inovatif. Menjadi seorang pembisnis meiliki 3 pilar bisnis yang terdisi atas person, business, dan network. Memilih mentor yang tepat adalah salah satu cara untuk meraih keberhasilan dalam usaha dengan sistem mentoring. Berikut adalah kita sukses untuk meraih keberhasilan adalah dengan berani bermimpi, berani memulai, berani berproses, berani gagal, berkomunitas, dan selalu berbagi dengan yang membutuhkan.

Informasi