• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Mendeley

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 26 Maret 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 978

FIKES UPNVJ - Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta kembali hadir menyelenggarakan Workshop Mendeley pada Hari Selasa, 23 Maret 2021 yang dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting pukul 13.00 sampai 16.10 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 220 mahasiswa/i aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat, Dosen, dan Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta.

Mendeley5.jpg

Acara Workshop Mendeley 2021 ini mengangkat tema ”Get Reference using Mendeley (GREY)” dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa/i Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta dalam menggunakan aplikasi Mendeley untuk membuat sitasi dan daftar pustaka secara baik dan benar sehingga dapat menghindari kegiatan plagiat.

Kegiatan Workshop Mendeley 2021 ini dipandu oleh Yusnita Rachmawati yang merupakan mahasiswi aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019 selaku MC. Rangkaian acara Workshop Mendeley ini diawali dengan pembukaan oleh MC, mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, sesi foto bersama, sesi berdoa, dan pemberian sambutan dari Bapak Arga Buntara,SKM., MPH selaku Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta.

Mendeley1.jpg

Dalam sambutannya, Bapak Arga Buntara menyampaikan bahwa sangatlah penting bersikap jujur untuk seorang akademisi dan salah satu bentuk kejujuran yang dapat dilakukan oleh seorang akademisi adalah dengan menghargai dan mengakui karya orang lain. Dengan adanya pelatihan aplikasi mendeley ini harapannya mahasiswa/i lebih memahami mengenai sitasi dan daftar pustaka sehingga terhindari dari tindakan plagiarisme dan dapat mencapai FIKES yang progresif dan revolusioner.

Setelah sesi sambutan selesai, dilanjutkan dengan  pembacaan Curriculum Vitae (CV) para pembicara oleh MC. Selanjutnya dilakukan sesi pemaparan yang disampaikan oleh dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta yaitu Ibu Rizki Amalia, S.KM.,M.H.,Sc dan

Mendeley2.jpg

Ibu Yuri Nurdiantami,S.Farm,Apt.MPH. Beliau menjelaskan bagaimana aturan karya ilmiah yang  baik dan benar, pentingnya Reference Manager dan menjelaskan bagaimana sistem rujukan dan pengutipan yang baik dan benar.

Mendeley3.jpg

Setelah sesi pemaparan selesai, dilanjutkan oleh pelatihan aplikasi mendeley yang disampaikan oleh Ibu Terry Yuliana Rahardian Pristya, SKM,MKM.

Mendeley4.jpg

Setelah sesi pemaparan dan pelatihan aplikasi Mendeley, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh MC, lalu acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipandu oleh MC. Secara keseluruhan acara Workshop Mendeley 2021 ini terselenggara dengan sukses atas dukungan partisipasi para panitia dan banyak pihak. (Verina Nabila Fajar)

Mendeley.jpg

Informasi