• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

LDKM 2020 “Don’t be Passanger Get Out Of Your Comfort Zone, Let’s Start Improving Your Skills to Become a Leader !”.

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 30 Maret 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 82

FIKES UPNVJ – Pada hari Minggu, 28 Maret 2021 telah berlangsung kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Angkatan 2020 dengan judul “Don’t be Passanger Get Out Of Your Comfort Zone, Let’s Start Improving Your Skills to Become a Leader !”. Acara ini diselenggarakan oleh anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi IlmuKeperawatan (HM- PSIK) yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan Program Sarjana angkatan 2018 dan 2019. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana angkatan 2020 dan menghadirkan 2 pembicara yaitu Ns. Muhammad Fandizal, S. Kep., M. Kep yang merupakan alumni dari IKA PSIK serta Ns. Tika Rahmawati, S. Kep yang merupakan Sekretaris Jenderal ILMIKI. Acara Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa dilakukan pada pukul 07.00 – 13.50 WIB melalui Platform Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kepemimpinan beserta melatih softskill kepemimpinan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana Angkatan 2020, selain itu dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana Angkatan 2020 dalam memimpin sebuah tim, serta Meningkatkan Kepercayaan diri dan tanggung jawab dalam tim.

LDKM202.jpg

Acara Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa angkatan 2020 dimulai dengan penyampaian profil UPN Veteran Jakarta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Peserta yang hadir terdiri dari Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana Angkatan 2020, Para Dosen Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dewan Penasihat Organisasi (DPO) dan Ikatan Alumni Keperawatan (IKA PSIK).

LDKM201.jpg

Acara berikutnya ialah sambutan oleh Anggi Mulyana Rahayu selaku Ketua Pelaksana kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Angkatan 2020. Dilanjutkan oleh Gilang Dermawan selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (HM- PSIK). Dan sambutan diakhiri oleh Ns. Wiwin Winarti, S. Kep., M.Epid., M.N Selaku Ketua Jurusan Keperawatan, sekaligus beliau membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Angkatan 2020.

LDKM203.jpg

Acara selanjutnya dipandu oleh MC yaitu Reihana Zakiya, yaitu dimulai dengan menyaksikan jargon dari beberapa kelompok peserta. Setelah itu, dilanjutkan dengan menampilkan video talent dari beberapa kelompok peserta dan disambut dengan antusias para peserta. Acara berikutnya yaitu adanya sesi debat yang dilakukan oleh 3 perwakilan peserta dari masing-masing kelompok, panitia mempersiapkan break room dengan membagi 3 room debat. Debat dibagi menjadi dua yaitu tim pro dan kontra serta adanya dua mosi, yaitu mosi pertama dilakukan oleh semua perwakilan kelompok dan mosi kedua dilakukan oleh perwakilan kelompok yang masuk ke babak final. Pada break room hanya dilakukan mosi pertama yakni mengenai “Diberlakukannya kebijakan ppkm di tengah masyarakat saat kondisi pandemi” sedangkan jika semua kelompok telah selesai akan dilanjutkan ke main room dengan menampilkan sesi debat final yang di lakukan oleh kelompok yang memenangkan debat dari masing-masing tim pro dan kontra dengan mosi kedua yaitu “Dewan ini percaya masyarakat wajib melakukan vaksinasi di Indonesia” .

LDKM204.jpg

Acara berikutnya yaitu adanya Ice Breaking : games tebak gambar dengan menampilkan 10 gambar hewan dan peserta yang tercepat akan mendapatkan poin. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi kepemimpinan oleh Ns. Muhammad Fandizal, S. Kep., M. Kep beserta sesi tanya jawab peserta. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan jargon kelompok, lalu menampilkan video talent dari 3 kelompok.

LDKM205.jpg

Setelah menampilkan video talent kelompok, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi HMPSIK, ILMIKI dan PKM oleh pengurus HMSPIK. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi kastrad school oleh Sekretaris Jendral ILMIKI yaitu Ns. Tika Rahmawati, S. Kep dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. 

Acara selanjutnya yaitu Kastrad School, yakni peserta diberikan kasus dan dibagi ke dalam 4 break room serta diberikan waktu untuk mengerjakan kasus yang telah diberikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan presentasi peserta mengenai kasus yang telah dikerjakan dan dilajutkan dengan klasfikasi kasus oleh Ns. Tika Rahmawati, S. Kep.

LDKM206.jpg

Acara selanjutnya yaitu menampilkan video talent dari 3 kelompok dan dilanjutkan dengan pemaparan FGD HMPSIK yang dibagi menjadi 4 break room beserta adanya sesi tanya jawab terkait proker HMPSIK selama satu periode. Selanjutnya, hampir memasuki penghujung acara yaitu simbolisasi penyematan PDL oleh ketua angkatan 2020.

Acara diakhiri dengan menampilkan video sinematik dan evaluasi peserta dari acara yang sudah dijalankan. Pada pukul 13.45 WIB, kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa 2020 dengan tema Don’t be Passanger Get Out Of Your Comfort Zone, Let’s Start Improving Your Skills to Become a Leader !”. resmi ditutup oleh Reihana Zakiya selaku MC.(Putri Irayani-1810711086)

Informasi