• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar “Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Study from Home” bagi Pelajar SMP dan SMA Sebagai Bentuk Kepedulian di Tengah Pandemi

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 23 Desember 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 916

FIKES UPNVJ - Kasus pandemi COVID-19 mulai terjadi di Indonesia pada bulan Maret 2020. Kasus pertama ditemukan di daerah Depok, setelah itu kasus terus menyebar ke daerah Jabodetabek sehingga menjadi kawasan zona merah serta terus menyebar daerah-darah lainnya pula. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan surat keputusan nomor 13A terkait penetapan masa darurat akibat virus corona. Berdasarkan penetapan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Sebagai bentuk kepedulian di tengah situasi tersebut dan sebagai bentuk pemenuhan tugas mata kuliah Promosi Kesehatan, tujuh mahasiswa UPN Veteran Jakarta program studi Kesehatan Masyarakat menggelar Webinar dengan tema “Menjaga Kesehatan Tubuh selama Study from Home” bagi para pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Webinar tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Desember 2020 dalam durasi selama dua jam, yang dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB dan diikuti oleh kurang lebih 70 peserta.

Penyulhn.jpg

Selama dua jam penuh, acara webinar diisi dengan berbagai macam kegiatan yang diawali dengan sesi pre-test melalui platform quizizz, lalu dilanjutkan dengan pemberian materi yang terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama pemberian materi adalah materi mengenai “Masalah-Masalah Kesehatan Fisik yang dapat Terjadi selama Study From Home di Masa Pandemi”, diselingi games, dan dilanjutkan kembali dengan sesi kedua pemberian materi mengenai “Tips Agar Tetap Sehat Selama Study From Home”. Setelah penyampaian materi dibuka sesi tanya jawab dengan peserta webinar, setelah itu dilanjutkan dengan sesi post-test melalui platform quizizz, dan diakhiri dengan pengumuman doorprize bagi peserta yang meraih peringkat pertama pada pre-test, peserta yang memenangkan games, dan peserta yang meraih peringkat pertama pada post-test.

Selama webinar berlangsung, terlihat bahwa para peserta sangat fokus dan aktif selama sesi pemberian materi. Hal ini dikarenakan materi yang diangkat di webinar sangat relevan dengan apa yang mereka alami dan dibawakan dengan lugas oleh pemateri. Materi yang diangkat dalam webinar ini, diantaranya membahas mengenai masalah-masalah kesehatan yang dapat timbul selama study from home dan tips agar tetap sehat selama study from home.

Dan selama webinar berlangsung pula, didapatkan adanya peningkatan pengetahuan para peserta. Hal ini terlihat dari adanya penurunan angka kesalahan dalam menjawab soal pre-test dan post-test. Pada total angka salah menjawab di pre-test sebanyak 161 poin, sedangkan pada post-test didapatkan total angka salah menjawab sebanyak 56 poin.

Acara webinar ini ditutup dengan pengisian kuesioner absensi dan evaluasi acara yang di dalamnya para peserta juga diharuskan mengisi kesan dan pesan selama acara webinar berlangsung. Untuk menutup artikel ini, penulis akan melansir salah satu kesan dan pesan peserta yang mengikuti acara webinar. “Untuk pertama kalinya saya mengikuti webinar tentang topik kesehatan, sehingga saya merasa terbantu dengan apa yang sudah dijelaskan oleh kakak-kakak  pembicara yang sudah menjelaskan secara terperinci dan sangat jelas , sekali lagi saya ucapkan terima kasih, bila ada webinar lagi pasti bakalan ikut lagi kak seru soalnya,” tulis salah satu peserta. (Chusnul Khotimah​)

Informasi