• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana mengadakan Penyuluhan Viritual “STOP Pergaulan Bebas Pada Remaja

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 23 Desember 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 996

FIKES UPNVJ - Dalam situasi pandemi Covid-19, mahasiswa kesehatan masyarakat UPN Veteran Jakarta mengadakan penyuluhan yang dilaksanakan secara viritual. Penyuluhan ini dilakukan pada Sabtu (12/12) pukul 9 pagi dengan tema pergaulan bebas pada remaja yang menjadi permasalahan terbesar remaja saat ini. Pemilihan tema ini sejalan dengan langkah preventif dan promotif sebagai petugas kesehatan masyarakat agar remaja dapat tumbuh dan berkembang dengan sehatdan optimal, terutama dari segi sosial. Selama durasi waktu 1 jam 30 menit, mahasiswa fakultas ilmu kesehatan yang terdiri atas Handoko sebagai ketua pelaksana menghadirkan Eka Pratiwi dan Fahra Giesthafanny sebagai pembicara acara ini. Acara ini dipandu oleh Helena Diah Habibah sebagai mc sekaligus moderator yang dibantu oleh Aditya Ferdiansyah dan Hana Nabilla Aprilia sebagai operator acara sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Berdasarkan laporan panitia acara, terdapat sekitar 60 hadirin yang mengikuti acara sampai selesai dari 150 responden penyuluhan yang mendaftar. Kegiatan ini tentu saja juga dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah promosi kesehatan, Ibu Yuri Nurdiantami, S.Farm., Apt., MPH, sebagai perwakilan FIKES UPNVJ yang juga memberikan sambutan pada awal acara.

Penyuluhan_STOP.jpg

Peserta yang hadir datang dari berbagai kalangan usia dan berbagai daerah penjuru Indonesia meskipun acara ini ditujukan untuk kalangan remaja. Hal ini berarti pemilihan topik dapat menarik perhatian masyarakat antusias untuk mendaftar acara penyuluhan viritual ini. Selain itu, penyuluhan viritual ini berjalan semakin menarik dan membangkitkan semangat peserta saat pengerjaan soal melalui platform Quizizz. Peserta yang berhasil menjawab terbaik dan teraktif mendapatkan doorprize dari panitia berupa e-wallet sehingga acara berjalan tidak terlalu kaku. Rangkainan demi rangkaian acara penyuluhan inipun dapat berjalan dengan lancar dan sukses. “Jalan-jalan ke Negeri Sanghai, Makan-makan makanan yang nikmat, Acara penyuluhan telah selesai, semoga ilmunya dapat bermanfaat” ujar mc saat berpantun pada akhir acara.

Penyuluhan_STOP1.jpg

Dari segi topik pembicaraan, saudara Eka Pratiwi dan Fahra Giesthafanny menjelaskan 5 subbab pokok mengenai pergaulan bebas pada remaja. Kelima pembahasan tersebut antara lain pengertian remaja dan periode perkembangan remaja, pergaualn bebas dikalangan remaja, faktor yang memengaruhi pergaulan bebas pada remaja, dampak pergaulan bebas pada remaja, dan terkahir adalah pencegahan serta solusi mengatasi pergaulan bebas pada remaja. Pemahaman peserta mengenai  materi yang telah dipaparkan dapat tercerminkan melalui post-test yang telah mencapai target indikator acara dengan akurasi sebesar 70%. 

Pada penghujung acara, para peserta mengucapkan banyak yang mengucapkan terima kasih kepada panitia melalui kolom chat zoom. “Terima kasih panitia, sukses selalu” ujar salah satu peserta. (Handoko)

Informasi