• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Motivasi Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Kesehatan didalam Masa Pandemi

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 18 November 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 483

FIKES UPNVJ - Pada hari Rabu, 18 November 2020 Fakultas Ilmu Kesehatan telah dilaksanakan kegiatan Peningkatan Motivasi Tenaga Kependidikan disampaikan Oleh Dr. Leili Mona Ganiem, S.Pd.,M.Si.,M.Si, CICS, CPR, CIQaR, CIQnR  yang di selenggarakan di Hotel RA Simatupang Premier. Motivasi merupakan salah cara untuk mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu dengan sepenuh tenaga serta mendukung menciptakan ide dan strategi yang lebih baik saat bekerja. Motivasi dapat timbul dari diri sendiri ataupun dari dorongan Orang lain.

WhatsApp_Image_2020-11-18_at_16.30.37.jpeg

Dalam paparannya disampaikan bahwa menjadi Bagian dari UPNVJ merupakan pekerjaan yang mulia karena kita membantu mencerdaskan manusia. Pahlawan Jaman Now bukanlah yang membawa bambu runcing namun yang mengexpresikan dalam bentuk kompetensi dan profesionalisme. Ikon PIKIR “Profesional, Integritas, Kejuangan, Inovatif, Responsif harus diyakini dalam hati dan diexspresikan dalam bentuk kinerja. Mindset dalam pekerjaan sangat berpengaruh terhadap mental dan suasana bekerja. Jadikan pekerjaan sebagai Hobby dan ibadah sehingga dalam bekerja menjadi ringan.

WhatsApp_Image_2020-11-18_at_16.30.45_(1).jpeg

Dalam bekerja costumer kita adalah mahasiswa mereka bukan angka statistic (mempunyai emosi) mereka adalah alasan kita bekerja sehingga kita harus memberikan pelayanan terbaik dan harus terus belajar. Tahap untuk melayani costumer (mahasiswa, dosen, atasan dan teman sejawat) sebagai berikut : berikan sambutan (salam/tanyakan keperluan), Periksa/diskusi, Penuhi Kebutuhan, Pasrikan kepuasan serta ditutup dengan hangat dan menyenangkan.

WhatsApp_Image_2020-11-18_at_16.30.40.jpeg

Jika ingin menjadi professional kita harus kompeten dibidang yang kita lakukan, terampil, punya pengetahuan, mengetahui bagaimana harus bersikap, melakukan lebih dari kemampuan serta bekerja dengan CINTA. Setiap manusia memiliki gen kemampuan, selama kita mempunyai kemauan maka bisa kita kembangkan potensi dalam diri kita.  Bu Mona juga berpesan bahwa Kita Harus menjadi KEREN, jangan biarkan orang lain menggoyahkan kita dan buatlah justru orang lain yang akan membutuhkan kita, buatlah orang lain meresa tidak keren jika tidak ada kita.

WhatsApp_Image_2020-11-18_at_16.30.45.jpeg

Untuk memupuk semangat setiap harinya, berikan mindset posithif kepada diri kita dengan mengucapkan “ Saya Cinta Pekerjaan Saya” setiap paginya, percaya diri dengan kompetensi diri sendiri dan terus diasah. Dalam mencapai profesionalisme kita harus memiliki sikap “mastery” yaitu harus sabar. Lima tahapan ini juga dilakukan simulasi oleh tenaga kependidikan sebagai salah satu upaya pelatihan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Informasi