• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PJBL NEUROKARDI “Kenali, Pahami, Tanggapi Tanda Gejala Stroke&Penyakit; Jantung Koroner Untuk Meraih Kunci Hidup Sehat Di Komunitas”S1 Keperawatan

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 10 Juni 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 133

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu tanggal 25 Mei 2024 dan Minggu tanggal 2 Juni 2024 telah berlangsung kegiatan “Project Turun Lapangan Neurokardi (Kenali, Pahami, Tanggapi Tanda Gejala Stroke dan Penyakit Jantung Koroner Untuk Meraih Kunci Hidup Sehat Di Komunitas)”. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan (Semester 6) yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan angkatan 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 17 masyarakat yang ada di lingkungan RT 03 RW 06, RT 03 RW 05, dan RT 05 RW 05 Komplek UPN Jl. Makam Kampung Bojong Kel. Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

WhatsApp_Image_2024-06-10_at_14.55.03.jpeg

Acara ini dilaksanakan pada pukul 08.00 - 11.30 WIB di Musholla Al-Muhajirin, Komplek UPN Jl. Makam Kampung Bojong Kel. Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat dengan didampingi oleh dosen pembimbing kami yaitu Ns. Mareta Dea Rosaline,S.Kep.,M.Kep., Ns. Sang Ayu Made Adyani, M.Kep., Sp.Kep.Kom, Dr. Arief Wahyudi Jadmiko., M.Kep., M.Pd. Ked., Ns. Gamya Tri Utami, S.Kep., M.Kep. Tujuan dari terselenggaranya acara ini adalah untuk memberikan informasi terkait data-data kesehatan yang ada di lingkungan Kampung Bojong,  pemberian edukasi terkait stroke dan jantung koroner, pemberian pelatihan simulasi Fast Assesment, pemberian pelatihan senam ROM pada pasien pasif maupun aktif stroke,  pemberian pelatihan mengetahui Resusitasi Jantung Paru (RJP) serta pemberian pelatihan senam MAJAS (edukasi penyakit jantung koroner dari sisi kritis)

WhatsApp_Image_2024-06-10_at_14.57.32.jpeg

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta dan pemeriksaan tensi. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan Senam Stroke dan Jantung dan dilakukan pemeriksaan tensi kembali setelah senam. Sambil menunggu pemeriksaan tensi diberlakukan pengisian pre-post.

Pembukaan dilakukan oleh MC yang dilanjutkan sambutan dari Ketua Pelaksana, Dosen Pembimbing Project Turun Lapangan dan Perwakilan RT Desa Binaan UPNVJ dan masuk ke acara inti yaitu pelaksanaan MMK I dan MMK II dari Keperawatan Agregat Komunitas.

WhatsApp_Image_2024-06-10_at_14.59.04.jpeg

Selesai sesi pelaksanaan pertama MMK I dan MMK II oleh Mahasiswa, dilanjutkan dengan pemaparan materi ke-2 yaitu  dari pemaparan materi KD MIPP terkait Penyakit Stroke dan Penyakit Jantung Koroner.

Setelah sesi pemaparan materi kedua mengenai Penyakit Stroke dan Jantung Koroner oleh Mahasiswa, para audiens diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan saat sesi tanya jawab. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking untuk mencairkan suasana.

Setelah sesi Ice-Breaking, acara dilanjut dengan Pemaparan dan Simulasi Gadar mengenai Fast Assessment dan Resusitasi Jantung Paru.

WhatsApp_Image_2024-06-10_at_15.01.37.jpeg

  Setelah sesi pemaparan materi Fast Assessment selanjutnya sesi demonstrasi mengenai Fast Assessment dan simulasi RJP oleh Mahasiswa, para audiens diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan saat sesi tanya jawab.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sambil menunggu kelompok memberikan kesempatan audiens untuk melakukan simulasi RJP. Lalu acara dilanjut dengan Pemaparan dan Penyuluhan Kep. Kritis mengenai Edukasi ROM dan MAJAS.

Setelah sesi pemaparan materi keempat mengenai Edukasi ROM dan Majas oleh Mahasiswa, pada audiens diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan saat sesi tanya jawab. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi Post-test untuk mengetahui pemahaman audiens.

Setelah sesi pemaparan materi dan simulasi selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi peserta yang aktif bertanya, penyerahan sertifikat dan ditutup oleh MC. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi foto bersama

Informasi