• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengukuran Komposisi Tubuh & Fleksibilitas Pada Pasien Kanker Di Rumah Singgah Lions Jakarta Barat Dan Komunitas Penyintas Kanker ‘Srikandi’ Di Bekasi

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 20 Juni 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 84

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 2 Juni 2024 telah dilaksanakan kegiatan Project Based Learning (PJBL) mata kuliah Fisiologi Latihan dengan judul “Pengukuran Komposisi Tubuh dan Fleksibilitas pada Pasien Kanker” yang bertempat di Rumah Singgah Lions. Tepatnya berada di Jalan Katalia I Timur,  No.2, RT.4/RW.7, Kota Bambu Utara, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

WhatsApp_Image_2024-06-20_at_08.19.21.jpeg

Kegiatan PJBL mata kuliah Fisiologi Latihan dihadiri oleh 8 peserta yang merupakan penghuni Rumah Singgah Lions yang mengidap penyakit kanker. Sebelum kegiatan dimulai, para anggota kelompok melakukan persiapan untuk kelancaran kegiatan PJBL. Kegiatan dimulai pada pukul 08.20 WIB dengan sesi perkenalan anggota kelompok dan para peserta. Acara dibuka oleh Farah Aisha Prayitno selaku MC dan dilanjut dengan penjelasan singkat mengenai pengukuran yang akan dilakukan oleh Nicole Dara Passa.

WhatsApp_Image_2024-06-20_at_08.19.45.jpeg

Pada pukul 08.30 WIB kegiatan pengukuran dimulai. Para anggota kelompok sudah memiliki perannya masing-masing. Arystio Farhansyah dan Aziah Aziani bertugas melakukan Tes Tanda-Tanda Vital, yaitu tekanan darah, saturasi oksigen, dan denyut nadi kepada peserta. Tes Tanda-Tanda Vital merupakan prosedur mendasar untuk mengetahui kondisi kesehatan dan fungsi tubuh seseorang.

WhatsApp_Image_2024-06-20_at_08.19.00.jpeg

Hand Grip Strength Test memiliki tujuan untuk mengukur kekuatan isometrik dari cengkraman. Nicole Dara Passa dan Siti Fatimah Azzahra bertugas untuk mengukur kekuatan cengkraman peserta menggunakan Hand Grip. Setelah melakukan Tes Tanda-Tanda Vital dan Hand Grip Strength Test, para peserta melakukan tes Timed Up and Go dan WHR dengan mengukur lingkar pinggang dan pinggul peserta. Naura Nurfadhiya dan Farah Aisha bertanggung jawab dalam melakukan tes Timed Up and Go dan WHR.

Pukul 09.30 WIB kegiatan pengukuran selesai dan dilanjut dengan bermain games “Tebak Gaya” bertema hewan, bagi para peserta yang dapat menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan. Setelah sesi games selesai, anggota kelompok bernyanyi bersama dengan para anggota dan diselingi dengan berbagi cerita tentang hobi, lagu kesukaan, dan banyak hal lainnya bersama para peserta. Pada pukul 10.40 WIB dilakukan sesi foto bersama dan pemberian bingkisan serta sertifikat untuk Rumah Singgah Lions sebagai tanda apresiasi dan terima kasih. MC menutup acara dan anggota kelompok berpamitan kepada Rumah Singgah Lions untuk meninggalkan tempat PJBL.

Bekasi – Kegiatan PJBL kedua dilakukan pada hari Selasa, 11 Juni 2024 di La Spezia, Bekasi. Kegiatan pengukuran ini dihadiri oleh sekitar 20 orang penyintas kanker dari Komunitas Srikandi. Dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB yang diawali pembukaan dan dilanjut pengukuran komposisi tubuh dan fleksibilitas oleh Kelompok 1 dari Kelas B S1 Fisioterapi. Kelompok 1 Kelas A S1 Fisioterapi membantu dalam melakukan pengukuran komposisi tubuh dan fleksibilitas pada penyintas kanker yang didampingi oleh Dosen Mata Kuliah Fisiologi Latihan,  Ibu Nazhira, S.Fis, Ftr, M.Fis, AIFO. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 11.00 WIB dan dilakukan sesi dokumentasi oleh Kelas B dan Komunitas Srikandi sebagai penutup dari kegiatan PJBL Fisiologi Latihan. (NN)

Informasi