• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Manajemen Bencana “Gerakan Edukasi Tanggap Penyakit Banjir”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 03 Juni 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 97

FIKES UPNVJ - Pada hari Kamis, 23 Mei 2024 telah dilakukan kegiatan Gentar (Gerakan Edukasi Tanggap Penyakit Banjir) dalam rangka edukasi masyarakat mengenai mitigasi bencana banjir yang berlokasikan di Aula RT 012 RW 009 Cijantung, Kec. Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Jakarta oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta.

WhatsApp_Image_2024-06-03_at_17.27.20.jpeg

Tujuan dari kegiatan Edukasi Tanggap Penyakit Banjir adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai mitigasi banjir. Mengingat wilayah  di RT 012 Cijantung tersebut rawan dan sering terjadi banjir, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi warga sekitar mengenai penyakit apa saja yang bisa terjadi sesudah banjir, pencegahan penyakit tersebut, serta mitigasi seperti apa yang bisa dilakukan sesudah banjir.

WhatsApp_Image_2024-06-03_at_17.27.16.jpeg

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Muhammad Nidan Putra dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Pak RT, dosen pengampu mata kuliah Manajemen Bencana, dan oleh ketua pelaksana kegiatan ini. Setelah sambutan dan pembacaan doa, peserta diberikan pre-test oleh pihak panitia dan dilanjutkan dengan sesi pemberian materi dengan metode ceramah lalu dilanjut dengan diskusi tanya jawab mengenai topik/tema yang diberikan dengan media cetak (leaflet) sebagai media utama. Setelah pemberian materi, peserta melakukan ice breaking  yaitu tebak lagu untuk menghilangkan jenuh para peserta. Setelah rangkaian pemaparan materi dan ice breaking, peserta diberikan post-test untuk mengukur pemahaman mengenai materi yang diberikan, kemudian diakhiri dengan sesi dokumentasi dan penutupan.

Informasi