• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Penyuluhan Kesehatan “Waspada Hipertensi, Cegah Komplikasi Stroke Dengan Segera Ke RS”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 20 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 152

FIKES UPNVJ - Project Turun Lapangan Pengabdian Masyarakat ini merupakan Project Gabungan dari 4 Mata Kuliah Keperawatan yang terdiri dari Keperawatan Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen, Persepsi Sensori, dan Persarafan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Kritis dan Keperawatan Gawat Darurat telah terlaksana pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 pukul 09.30 WIB-Selesai di RT. 02 / RW. 07, Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok dengan tema “Waspada Hipertensi, Cegah Komplikasi Stroke Dengan Segera Ke RS”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana (Semester 6) Kelompok 2 Kelas A yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan Program Sarjana angkatan 2021. Responden yang berpartisipasi pada kegiatan ini berjumlah 28 orang yang berusia dewasa hingga usia lanjut. Acara ini diselenggarakan untuk menambah pengetahuan kesehatan mengenai penyakit yang menyerang Sistem Muskuloskeletal, Integumen, Persepsi Sensori, dan Persarafan seperti Hipertensi dan Stroke kepada warga setempat, menambah pengetahuan bagaimana cara mencegahnya dengan senam hipertensi, serta penanganan yang tepat bila terjadi serangan stroke mendadak.

WhatsApp_Image_2024-05-20_at_09.13.38.jpeg

Kegiatan ini tidak dihadiri oleh para dosen pembimbing mata kuliah, namun dapat dihadiri oleh Ibu Rita Damayanti selaku perwakilan dari RW Pengasinan.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC dan registrasi peserta. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara dengan posisi siap berdiri. Selanjutnya, peserta kembali duduk dan mendengarkan sambutan dari ketua pelaksana (Chairun Nissa) dan Ibu RW (Ibu Rita Damayanti). Setelah itu, peserta diarahkan oleh MC untuk mengisi pretest.

WhatsApp_Image_2024-05-20_at_09.15.07.jpeg

Setelah peserta selesai mengisi pretest, masuk ke acara inti dari kegiatan turun lapangan project based learning ini, yaitu edukasi mengenai konsep penyakit hipertensi, dilanjutkan dengan edukasi senam hipertensi, konsep stroke, dan penanganan saat adanya tanda gejala dan terjadi stroke. Kemudian dilanjutkan dengan re-demonstrasi senam hipertensi pencegahan stroke. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para peserta. Pemateri dan panitia menjawab pertanyaan dengan cukup baik. Setelah acara sesi tanya jawab peserta diarahkan untuk melakukan pengisian Post-Test disertai pemberian hadiah untuk penanya terbaik di penghujung acara guna mengevaluasi pengetahuan audiens setelah pemaparan materi.

WhatsApp_Image_2024-05-20_at_09.15.46.jpeg

Penutupan Acara “Project Turun Lapangan Pengabdian Masyarakat” Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana (Semester 6 Tahun 2021) Resmi ditutup oleh MC dan dilanjut oleh sesi foto bersama. Kemudian masyarakat penduduk wilayah Pengasinan melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tekanan darah yang dilakukan oleh Mahasiswa S1 Keperawatan UPN Veteran Jakarta.

Informasi