• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "Masyarakat Cerdik Atasi Deman Berdarah Dengue (DBD) Dengan Jumantik"

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 16 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 182

FIKES UPNVJ - Deman Berdarah Dengue atau biasa disebut DBD merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui vektor nyamuk dari spesies Aedes aegypti atau Aedes albopictus. DBD sendiri telah menjadi salah satu wabah tahunan yang biasa terjadi pada musim hujan dan dapat menjadi bencana kesehatan di Indonesia. Tercatat per 1 Maret 2024 terdapat hampir 16.000 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di 213 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan total 124 kematian (Kemenkes RI, 2024). Berdasarkan data dari pemerintah provinsi Jawa Barat sampai tanggal 8 Maret 2024, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jabar telah mencapai 7.654 kasus (Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, 2024). Salah satu kota di Jawa Barat yang terkena dampak penyakit DBD yaitu Depok. Data dari Dinkes Depok menunjukkan bahwa pada awal tahun 2024 terjadi peningkatan kasus yang cukup tinggi yaitu pada Januari terdapat 202 kasus dan meningkat pada Februari yang mencapai 328 kasus (Dinas Kesehatan Depok, 2024).

WhatsApp_Image_2024-05-16_at_08.51.41.jpeg

Hasil dari pengkajian yang telah dilakukan di wilayah RT 01 RW 03 Kelurahan Limo didapatkan data bahwa mayoritas masalah kesehatan yang muncul dalam 3 bulan terakhir ini yaitu DBD. Hal ini didukung dengan adanya kurang dari seperempat warga RT 01 yang dipastikan telah terkena DBD dengan rentang berjarak antar warganya. Selain itu didapatkan data bahwa warga di RT 01 yang masih jarang melakukan kerja bakti secara rutin namun ketua RT 01 masih berperan aktif dalam memantau kondisi lingkungan disekitar RT 01. Hasil pengkajuan didapatkan bahwa pengetahuan masyarakat terkait DBD masih belum memadai. Maka dari itu, pada hari Selasa, 30 April 2024 dilaksanakan kegiatan mitigasi berupa pendidikan kesehatan yang dilaksanakan di Lapangan Tenis RT 01  RW 03 Kelurahan Limo, Kota Depok yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana. Program mitigasi kesehatan ini bertemakan “Masyarakat Cerdik Atasi Deman Berdarah Dengue (DBD) dengan Jumantik”.

WhatsApp_Image_2024-05-16_at_08.51.37.jpeg

Mitigasi ini dihadiri oleh Bapak Solihin selaku ketua RT 01, Ns. Sang Ayu Made Adyani, M.Kep, Sp.Kep, Kom selaku dosen pembimbing kelompok 7, semua anggota kelompok 7 selaku panitia kegiatan serta 15 masyarakat RT 01 selaku peserta mitigasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat RT 01 dan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat RT 01 terkait adanya kemungkinan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Susunan acara pada kegiatan ini yaitu dimulai dengan registrasi peserta dan pengisian pre-test, dilanjut dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana dan ketua RT 01 Kelurahan Limo. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat yang diwakili oleh ketua pelaksana kepada ketua RT 01 Kelurahan Limo. Selanjutnya dilakukan pemaparan materi oleh anggota kelompok 7. Pada kesempatan ini pemateri menyampaikan materi terkait dengan DBD. Adapun materi yang disampaikan yaitu berupa pengertian, penyebab, tanda gejala, komplikasi, pencegahan, pengobatan serta pemeriksaan penunjang dari Demam Berdarah Dengue. Selain itu, pada kegiatan ini juga diberikan sosialisasi tentang jumantik dengan melakukan demonstrasi penggunaan abate. Selama kegiatan berlangsung, masyarakat RT 01 terlihat sangat antusias dan aktif dalam  mengkuti kegiatan mitigasi ini. Kegiatan mitigasi ini diakhiri dengan pengisian post test dan foto bersama serta penutupan oleh pembawa acara. Diharapkan dengan adanya kegiatan mitigasi kesehatan ini masyarakat RT 01 dapat mencegah atau menangani tingginya kasus DBD yang terjadi di Depok.

Link Video Hasil Mitigasi :

  • Tiktok:

https://vt.tiktok.com/ZSFEXeH3t/

  • Instagram:

https://www.instagram.com/p/C6jSvBivj20/?igsh=NTc4MTIwNjQ2YQ==

  • Youtube:

https://youtube.com/shorts/asqEtNtDiD8?feature=shared

Informasi