• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "Kesiapsiagaan dan Evakuasi Bencana Gempa Bumi"

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 14 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 121

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 23 April 2024 Pukul 10.00 WIB telah berlangsung kegiatan mitigasi bencana dengan tema “Kesiapsiagaan dan Evakuasi Bencana Gempa Bumi” yang berlokasi di Masjid At-Taqwa RT 04/03 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok oleh Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Angkatan 2022 yang terdiri dari 5 orang yaitu Nida Alhaq, Angga Bhakti Samudra, Subagja Dwi Permana, Ailsa Dzakiyah Dzahabiyah H, dan Shyawmi Irdianti. Kegiatan mitigasi bencana merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan melakukan pendidikan masyarakat serta demonstrasi terkait kesiapsiagaan dan evakuasi terhadap bencana gempa bumi pada masyarakat di RT 04 RW 06 Kelurahan Limo Kecamatan Limo Kota Depok.

WhatsApp_Image_2024-05-14_at_09.26.37.jpeg

Kegiatan mitigasi bencana ini dihadiri dan di ikuti oleh Ns. Laksita Barbara, S.Kep., M.N selaku dosen pembimbing mata kuliah Matra, Ibu Herlina selaku ketua RT dan Ketua kader posyandu RT 04, warga RT 04/RW 03 Kelurahan Limo, serta Mahasiswa/I Keperawatan Program Profesi Ners UPN Veteran Jakarta yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

WhatsApp_Image_2024-05-14_at_09.27.14.jpeg

Acara diawali dengan dilakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan asam urat sebelum kegiatan dimulai sekaligus pengisian pre-test. Kegiatan mitigasi bencana ini dimulai pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh Shyawmi Irdianti selaku dan Ailsa Dzakiyah Dzahabiyah Master of Ceremony sekaligus pemateri. Kegiatan mitigasi bencana ini berisi pemaparan mengenai definisi gempa bumi, klasifikasi gempa bumi, dampak gempa bumi, definisi mitigasi gempa bumi, tujuan mitigasi gempa bumi, dan strategi pelaksanaan mitigasi gempa bumi. Setelah pemaparan materi, dilakukan demonstrasi mengenai hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi. Setelah pemaparan materi dan demonstrasi, Masyarakat mengisi post-test. Kegiatan mitigasi gempa bumi ini ditutup dengan pembacaan doa dan foto Bersama.

Diharapkan dengan adanya kegiatan mitigasi bencana ini pengetahuan, sikap, dan keterampilan  Masyarakat terkait kesiapsiagaan dan evakuasi terhadap bencana gempa bumi dapat semakin meningkat dan dapat diterapkan jika suatu saat terjadi bencana di wilayah tersebut.

Link Video Hasil Mitigasi :

  • Instagram         :

Poster https://www.instagram.com/p/C6e8G_xyJsx/?igsh=N3M0a3VndDUydjE5

Reels https://www.instagram.com/reel/C6e9eirywfl/?igsh=MWgzbXp1NjM4amdtaQ==

  • Tiktok              :

https://vt.tiktok.com/ZSFKSRbBD/

  • Youtube           :

https://youtu.be/txBQ4X8y4os?feature=shared

Informasi