• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "Bencana Banjir Pada Kelompok Rentan Lansia"

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 16 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 129

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 23 April 2024 telah dilakukan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema mitigasi bencana banjir pada kelompok rentan lansia yang berlokasi di wilayah RW 10, Kelurahan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Bulan Kesiapsiagaan Bencana yang telah dijadwalkan dalam mata kuliah Kesehatan Matra. Mahasiswa Profesi Ners UPNVJ yang tergabung dalam kelompok 14 mitigasi bencana berkumpul di Gedung FIKES UPNVJ terlebih dahulu pada pukul 09.00 untuk mempersiapkan kebutuhan acara.

WhatsApp_Image_2024-05-16_at_07.20.32.jpeg

Kemudian mahasiswa berangkat bersama dari Gedung FIKES UPNVJ ke lokasi acara tepatnya di Balai Posbindu Graseka, Taman Murai, Kelurahan Limo, Depok. Kegiatan dimulai pada pukul 10.30 hingga 12.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan absensi peserta penyeluhan terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah oleh mahasiswa. Setelah itu dilakukan pembagian makanan ringan sambil menunggu seluruh peserta penyuluhan kesehatan hadir. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Posbindu Graseka dan Wakil Ketua RW 10. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi penyuluhan kesehatan mengenai mitigasi bencana banjir pada kelompok rentan lansia oleh mahasiswa dan dilanjutkan dengann sesi tanya jawab. Kegiatan penyuluhan kesehat diakhiri dengan foto bersama peserta penyuluhan kesehatan dengan mahasiswa. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan baru mengenai mitigasi atau kesiapsiagaan yang harus dilakukan pada warga dengan ancaman resiko bencana banjir khususnya pada kelompok rentan lansia.

WhatsApp_Image_2024-05-16_at_07.20.45.jpeg

Rangkaian materi yang disampaikan meliputi pengertian dari mitigasi, banjir dan kelompok rentan. Kemudian disambung dengan materi hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi bencena banjir pada keluarga dengan kelompok rentan lansia dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi ancaman bencana banjir. Selanjutnya membahas tentang dampak bencana banjir bagi lansia dan lingkungan. Kemudian ditutup dengan pembahasan mengenai penyakit yang perlu diwaspadai saat bencana banjir serta cara mencegahnya. Sesi tanya jawab berlangsung dengan interaktif. Para lansia yang menghadiri kegiatan penyuluhan kesehatan ini antusias dengan materi yang dibawakan. Banyak pertanyaan yang muncul pada sesi tanya jawab ini sehingga diskusi berjalan dengan baik.

Informasi