• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pendidikan dan Promosi Kesehatan Tentang Demam Berdarah Dengue “Waspada Demam Berdarah Dengue”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 14 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 101

FIKES UPNVJ – Pada hari Sabtu, 20 April 2024 telah berlangsung kegiatan pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Aula Posyandu RT 02/RW 06 Kel. Limo Kec. Limo Depok. Kegiatan pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Profesi Ners terkait penyuluhan edukasi Kesehatan tentang Demam Berdarah Dengue. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Profesi Ners kelompok 8 Program Profesi Ners Angkatan 2023 dalam memenuhi Projek Mata Kuliah Kesehatan Matra.

WhatsApp_Image_2024-05-14_at_09.11.58.jpeg

Kegaiatan yang diselenggarakan tersebut mengangkat tema “Pendidikan dan Promosi Kesehatan Tentang Demam Berdarah Dengue” dan mengangkat judul “Waspada Demam Berdarah Dengue”. Penyuluhan yang diberikan mengenai penyakit atau wabah Demam Bedarah Dengue secara umum, penyebab Demam Berdarah Dengue, Fase Demam Berdarah Dengue, Pencegahan Demam Berdarah Dengue, Penanganan Demam Berdarah Dengue, dan Prosedur Pelaksanaan Jumantik. Pembahasan secara umum kepada masyarakat dilakukan untuk mengenal wabah Demam Berdarah dengue, tidak lupa demonstrasi atau peragaan prosedur jumantik juga dilakukan untuk memastikan masyarakat mengetahui dari setiap Langkah-langkahnya. Mahasiwa juga membagikan kuesioner pre test maupun post test kepada masyarakat, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan dari segala aspek setelah mendapatkan informasi yang disampaikan mahasiswa.

WhatsApp_Image_2024-05-14_at_09.12.28.jpeg

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri dan diikuti oleh masyarakat umum khususnya para ibu-ibu. Acara yang dilaksanakan secara langsung di Aula Posyandu RT 02/RW 06 Kel. Limo Kec. Limo Depok dan diikuti oleh teman-teman kelompok 8. Kegiatan kunjungan studi lapangan ini dimulai pukul 09.30 WIB dibuka oleh Ghea Andriani (2310721016) sebagai Master of Ceremony yang sekaligus menyampaikan terkait rundown acara dilanjutkan dengan sambutan dari Nabila Nasya (2310721014) sebagai Ketua Pelaksana dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat kali ini. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Ketua Posyandu RT 02/RW 06 yaitu Ibu Nila dan Dosen Pembimbing Mata Kuliah Kesehatan Matra yaitu Ns. Fiora Ladesvita, S.Kep, M.kep., Sp. Kep.MB untuk kegiatan kali ini yang berhalangan hadir. Selain itu Ns. Rycco Darmareja, M.Kep sekaligus Dosen Koordinator Mata Kuliah Kesehatan Matra berhalangan hadir dalam acara ini.

WhatsApp_Image_2024-05-14_at_09.11.38.jpeg

Penyampaian materi umum terkait Demam Berdarah Dengue disampaikan oleh Reihana Zakiya (2310721054). Kemudian penyampaian materi terkait Pencegahan, Penanganan Demam Berdarah Dengue, dan Prosedur Pelaksanaan Jumantik oleh Galuh Nurulita Fitriani (2310721010). Setelah semua materi disampaikan, dan demonstrasi dilakukan. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara audiens dan pemateri dimana masyrakat sangat aktif dan antusias dalam mengajukan pertanyaan. Setelah semua materi dan demonstrasi disampaikan. Kegiatan pengabdian mayarakat ditutup dengan sesi foto dan ucapan terimakasih kepada semua pihak.

LINK VIDEO HASIL MITIGASI :

Reels

: https://www.instagram.com/reel/C6ctke6ytA6/?igsh=MXJ0aWkybXVvaTBkcA==\

Poster

: https://www.instagram.com/p/C6cunClSpzp/?igsh=MTY5dmk4NnVubG1hOQ==

Tiktok

: https://vt.tiktok.com/ZSFwxQma6/

Youtube

Informasi