• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pencegahan dan Penanggulangan Endemik Demam Berdarah Dengue dan Penerapan Teknik Relaksasi Benson

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 14 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 198

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 23 April 2024 Pukul 13.00 WIB telah berlangsung kegiatan mitigasi bencana dengan tema “Pencegahan dan Penanggulangan Endemik Demam Berdarah Dengue dan Penerapan Terapi Relaksasi Benson” yang berlokasi di Rumah Kediaman Ketua Kader RT 03 RW 09 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok oleh Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Angkatan 2022 yang terdiri dari 5 orang yaitu Yulia Prabhawaty, Muhammad Helmy Maulani, Luthfi Sari Wibowo, Siska Aulia, dan Seni Nilam Sari. Kegiatan mitigasi bencana merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan melakukan pendidikan masyarakat serta demonstrasi terkait pencegahan dan penanggulangan endemik demam berdarah dengue dan penerapan teknik relaksasi benson pada masyarakat di RT 03 RW 09 Kelurahan Limo Kecamatan Limo Kota Depok.

WhatsApp_Image_2024-05-14_at_10.01.38.jpeg

Kegiatan mitigasi bencana ini dihadiri dan di ikuti oleh Ns. Duma Lumban Tobing, M. Kep., Sp. Kep. J selaku dosen pembimbing mata kuliah matra, ibu-ibu kader posyandu RT 03 RW 09, warga RT 03 RW 09 Kelurahan Limo, dan mahasiswa/i Keperawatan Program Profesi Ners UPN Veteran Jakarta yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Acara diawali dengan dilakukan pemeriksaan tekanan darah sebelum kegiatan dimulai sekaligus pengisian pre-test. Kegiatan mitigasi bencana ini dimulai pukul 13.00 WIB yang dibuka oleh Yulia Prabhawaty dan Seni Nilam Sari selaku Master of Ceremony sekaligus pemateri. Kegiatan mitigasi bencana ini berisi pemaparan mengenai definisi DBD, tanda gejala DBD, pencegahan DBD, tempat berkembang biak nyamuk DBD, tindakan awal DBD, pengertian stress, tanda gejala stress, dampak stress yang tidak ditangani dengan baik, hubungan DBD dengan stress, dan cara menurunkan stress. Setelah pemaparan materi, dilakukan demonstrasi mengenai hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi. Setelah pemaparan materi dan demonstrasi, masyarakat mengisi post-test. Kegiatan mitigasi ini ditutup dengan pembacaan doa dan foto Bersama.

Diharapkan dengan adanya kegiatan mitigasi bencana ini pengetahuan, sikap, dan keterampilan masyarakat terkait pencegahan dan penanggulangan endemik demam berdarah dengue dan penerapan terapi relaksasi benson dapat semakin meningkat dan dapat diterapkan jika suatu saat terjadi bencana di wilayah tersebut.

Informasi