• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Based Learning (PBL) Matakuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 22 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 71

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 10 April 2022, mahasiswa/i kelompok 1 kelas B angkatan 2020 Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu output pembelajaran mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Mata kuliah ini diampu oleh Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd., MKM. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari metode pembelajaran Project Based Learning (PBL). Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik (mahasiswa) belajar berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Dari metode pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan dapat mendapatkan kecakapan dalam memecahkan masalah, kecakapan dalam berpikir kritis, kecakapan dalam bekerja kelompok, kecakapan interpersonal dan komunikasi, serta kecakapan pencarian dan pengolahan informasi.

WhatsApp_Image_2022-06-22_at_13.11.41.jpeg

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 10 April 2022 oleh mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta Kelompok 2 Kelas 4B. Kegiatan tersebut diadakan di Panti Yatim Indonesia yang berlokasi di Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Sasaran dari program ini adalah anak-anak panti asuhan dengan rentang usia 5-15 tahun. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mengangkat tema tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program ini dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai PHBS yang disampaikan melalui media laptop dan PowerPoint. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemauan, serta kemampuan anak dalam menerapkan PHBS. Materi penyuluhan yang dibawakan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS yang bisa dilakukan oleh anak-anak di Panti Yatim Indonesia (PYI).

WhatsApp_Image_2022-06-22_at_13.10.46.jpeg

Sepanjang sesi penyuluhan, penyampaian materi juga dibantu dengan media PowerPoint. Selain itu, pada pelaksanaan pengabdian masyarakat juga memakai metode FGD (Focus Group Discussion). Sehingga antara pemateri dengan anak-anak Panti Yatim Indonesia (PYI) bisa saling berdiskusi dan berinteraksi terkait materi yang diberikan. Adapun pada tahap evaluasi dilakukan wawancara atau tanya jawab terkait materi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar tim pengabdian masyarakat dapat mengetahui dan mengkonfirmasi pemahaman anak-anak terkait PHBS. 

WhatsApp_Image_2022-06-22_at_13.10.55.jpeg

Penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Panti Yatim Indonesia (PYI) Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur berjalan dengan baik. Metode pemaparan materi atau ceramah yang dilakukan melalui laptop dan Power Point pada penyuluhan ini mampu meningkatkan pengetahuan serta pemahaman anak panti dalam menerapkan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, diharapkan mampu membantu pihak panti dalam mengedukasi anak-anak dan dapat mewujudkan lingkungan panti yang bersih dan sehat sehingga derajat kesehatan anak-anak panti dapat meningkat.

Informasi