• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Based Learning Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan: Belajar Sanitasi sejak Dini (SINI)

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 23 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 89

FIKES UPNVJ - Minggu, 3 April 2022 – Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana melaksanakan Project Based Learning dari Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan yang diampu oleh Ibu Chahya Kharin Herbawani, S. Keb., Bd, M.K.M.

WhatsApp_Image_2022-06-23_at_08.29.03.jpeg

Kelompok dari Kelas D semester 4 ini terbagi menjadi dua untuk melaksanakan kegiatan Project Based Learning tersebut. Dua kelompok pun melaksanakannya di tempat yang berbeda. Kelompok 1 yang beranggotakan 19 mahasiswa melaksanakan project itu di Rumah Peduli (Yayasan Indonesia Hijau), Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Adapun 19 mahasiswa dari kelompok ini yang berpartisipasi adalah Adelia Putri Mahardhika, Alvina Diva Fitrianti, Annisa Silmy Amalia, Bahiizza Shadrina Zhafarin, Balqis Triaya Dewanti, Carlos Piero Martua, Cindy Novani Chandra, Diva Anita Churiana Sudrajat, Fatimah Zulkarnaen, Kazhima Alma Azzahra, Lintang Tyas Pramesti, Nabila Erinaputri, Putri Andini Novianti, Rana Zahra Raniyah Wangsawinangun, Risma Pertiwi, Rossa Shafira Nur Sabrina, Safanny Putri, Shifa Aulia Maghfiroh, dan Triayu Nur Afifah.

WhatsApp_Image_2022-06-23_at_08.29.09.jpeg

Kegiatan project tersebut mengusung tema "Belajar Sanitasi sejak Dini (SINI)" dan rangkaian kegiatan project meliputi:

  1. Persiapan

Persiapan dilakukan sejak Maret 2022, dengan melakukan survei selama 2 kali. Survei ini bermaksud untuk menemukan dan menentukan prioritas masalah di daerah tersebut. Survei pertama dilakukan pada 14 Maret 2022, dengan mewawancarai penduduk daerah setempat seputar masalah kesehatan yang sedang dialami. Akan tetapi, dari survei pertama ini, kelompok belum dapat menentukan prioritas masalah kesehatan di daerah tersebut, lalu kami merencanakan survei kedua.

Survei kedua dilakukan pada 17 Maret 2022. Kelompok mengunjungi tempat tinggal warga serta mewawancarai beberapa warga yang hasilnya diperoleh bahwa prioritas masalah di lingkungan tersebut adalah PHBS, terutama masalah sanitasi diri. Setelah itu, kelompok mempersiapkan segala alat dan bahan untuk melakukan kegiatan, seperti pemberian materi, soal pre-test dan post-testgames, dan bingkisan.

  1. Pelaksanaan

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pada Minggu, 3 April 2022 pukul 16.00–18.00 WIB di Rumah Peduli (Yayasan Indonesia Hijau) dengan pre-test, paparan materi oleh mahasiswa melalui metode ceramah serta alat bantu baik power point dan pemutaran video, kegiatan pemaparan materi diselingi oleh kegiatan games agar peserta tidak merasa bosan. Setelah itu, peserta mempraktikkan video pembelajaran dan mengisi post-test.

WhatsApp_Image_2022-06-23_at_08.29.15.jpeg

  1. Evaluasi

Evaluasi dilakukan ketika pelaksanaan dan setelah pelaksanaan. Evaluasi berjalan dengan mengamati hasil pengerjaan pre-test dan post-test peserta serta pembuatan video dan artikel mengenai aktivitas Project Based Learning ini. Artikel tersebut sudah terbit dan dapat dilihat pada tautan sebagai berikut.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4387

WhatsApp_Image_2022-06-23_at_08.29.28.jpeg

Pelaksanaan kegiatan ini adalah bentuk nyata pembelajaran dari mata kuliah Perencanaan Evaluasi Kesehatan. Mahasiswa membuat rencana, menjalankan rencana tersebut melalui kegiatan penyuluhan, dan melakukan evaluasi kegiatan. Harapan dari kegiatan Project Based Learning ini adalah dapat menambah sikap percaya diri dan terampil dalam menghadapi masyarakat di masa depan.

Informasi