• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Peminatan Kesehatan Lingkungan melaksanakan Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG)

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 22 April 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 164

FIKES UPNVJ - Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta telah menyelenggarakan perkuliahan secara luring pada mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG). Pembelajaran ini diikuti oleh mahasiswa pemintan Kesehatan Lingkungan semester 6 yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 April 2022. Adapun dosen pengampu Mata Kuliah diampu oleh Tim dosen yaitu Ibu Nayla Kamilia Fithri, SKM., MPH  dan Bapak Arga Buntara, SKM., MPH.

WhatsApp_Image_2022-04-22_at_15.04.42.jpeg

Hal yang menjadi istimewa dalam perkuliahan ini adalah mahasiswa dapat menggunakan ruang CBT FIKES yang di lengkapi dengan seperangkat komputer terbaru  yang mendukung penyelenggaran perkuliahan SIG yang membutuhkan  satu perangkat lunak Sistem Informasi Geografis yang sudah terinstal di komputer. Penyediaan ruangan dan pemenuhan perangkat untuk pembelajaran dilakukan dengan cepat dan sigap oleh Pak Muh. Sandi Wicaksono, S.Kom selaku Tim IT Fakultas Ilmu Kesehatan.

WhatsApp_Image_2022-04-22_at_15.04.50.jpeg
Tujuan dari pembelajaran SIG adalah mahasiswa mampu memahami konsep pemetaan, skala data dan SIG di bidang Kesehatan. Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk memaksimalkan analisis dan penyajian data secara keruangan dengan menggunakan peta yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit dan faktor risiko Kesehatan. Hal ini dapat mendukung kompetensi mahasiswa terutama mahasiswa peminatan Kesehatan Lingkungan FIKES UPNVJ untuk dapat mengolah, menganalisis dan menginteprtasikan data-data spasial yang dikaitkan dengan faktor risiko Kesehatan sehingga mempermudah dalam penyelesaian masalah penyakit berbasis lingkungan di masyarakat.

Informasi