• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sosialisasi Integratif Guna Antisipasi Pencegahan Kebakaran "SIGAP" Penyuluhan Kesehatan Manajemen Bencana

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 01 Juni 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 112

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 19 Mei 2024 telah dilakukan kegiatan Penyuluhan kesehatan yang berjudul Sosialisasi Integratif Guna Antisipasi Pencegahan Kebakaran (SIGAP) mengenai kebakaran dalam rangka mitigasi bencana yang berlokasi di lingkungan RT 03/RW 01 Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Pondok Cina, Kota Depok oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta. Penyuluhan kesehatan ini untuk memenuhi Projek Manajemen Bencana yang diampu oleh bapak  Afif Amir Amrullah. S.Kp.M.KKK dan merupakan suatu rangkaian kegiatan mitigasi bencana pada mata kuliah Manajemen Bencana. Kegiatan ini dilakukan setelah mahasiswa mengumpulkan data mengenai risiko terkait ancaman bencana kebakaran yang ada di masyarakat dan lingkungan yang rawan kebakaran.

WhatsApp_Image_2024-06-01_at_12.04.44.jpeg

Tujuan dari kegiatan ini adalah dapat memberikan pengalaman terhadap mahasiswa/i sehingga bisa lebih mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukan sebagai seorang kesehatan masyarakat. Penyuluhan ini dilaksanakan guna memenuhi penilaian tugas proyek Manajemen Bencana. Selain itu, kegiatan penyuluhan ini juga bertujuan untuk melatih mahasiswa/i untuk bisa bekerja sama dalam tim, merencanakan penyuluhan dalam skala besar, dan juga berani berbicara di depan umum, serta memberikan edukasi kepada warga di lingkungan rawan bencana.

WhatsApp_Image_2024-06-01_at_12.05.42.jpeg

Mitigasi bencana kebakaran adalah tindak lanjut dari kejadian Pada tanggal 25 Januari 2024, terjadi kebakaran pada empat rumah kontrakan di Gang Lengkeng, Pondok Cina (Pocin), Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Pondok Cina. Kebakaran ini mengakibatkan kerugian materil yang besar. Diduga, kebakaran disebabkan oleh kegagalan instalasi listrik. Upaya pemadaman api dengan air tidak dapat dilakukan karena berisiko menghantarkan arus listrik. Oleh karena itu, tujuan dari kelompok merencanakan turun lapangan pada daerah tersebut agar masyarakat sekitar Gang Lengkeng dapat pemahaman mengenai kebakaran serta praktik penggunaan APAR sebagai upaya penanggulangan bencana kebakaran.

WhatsApp_Image_2024-06-01_at_12.03.39.jpeg

Pada saat kegiatan, kelompok mengadakan pretest untuk mengukur tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan pada warga terkait persiapan yang dapat warga lakukan untuk menghadapi bencana kebakaran, kelompok memberikan edukasi kepada warga terkait bagaimana cara mitigasi bencana kebakaran dan pelatihan cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk mengurangi risiko dampak dari kebakaran dengan aman.

Acara pertama diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Inara Perdana Kurnia dan Rizka Ayu Alvianty, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana saudari Jilan Anindya Pralandono, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua RT bapak Achmad Mubasir. Setelah acara sambutan, dilaksanakan acara inti dari mitigasi yaitu pemaparan materi mengenai bencana kebakaran oleh pemateri yaitu Riska Setiawati dan Raisha Syahidah. Acara dilanjutkan dengan demonstrasi dan praktik penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dipandu oleh Fariz Putra Utama Lubis dan diikuti oleh peserta.

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta yang hadir aktif bertanya dan berdiskusi mengenai cara pencegahan dan penanganan bencana kebakaran. Peserta juga saling berbagi pengalaman terkait penangan dalam bencana kebakaran yang pernah dialami. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab, peserta diberikan kembali kuesioner post test  untuk mengetahui apakah peserta sudah memahami materi yang telah disampaikan. Dilanjut dengan ice breaking yang dipandu oleh panitia, selanjutnya adalah pengumuman peserta terbaik dan pemenang ice breaking serta pemberian souvenir berupa APAR kepada ketua RT oleh Ketua Pelaksana. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

Informasi