• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KESMAS MENGAJAR (KEJAR) 2023 ”Cerdas dan Kreatif Sebagai Bekal Generasi Sehat Berjiwa Aktif”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 24 Mei 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 185

FIKES UPNVJ – Telah dilaksanakan kegiatan Kesmas Mengajar (KEJAR) 2023 yang dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan. Pertemuan pertama pada tanggal 19 Maret 2023, pertemuan kedua pada tanggal 26 Maret 2023, pertemuan ketiga pada tanggal 1 April 2023, pertemuan keempat pada tanggal 15 April 2023, pertemuan kelima pada tanggal 13 Mei 2023, dan pertemuan keenam pada tanggal 20 Mei 2023 secara offline di Kampung Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat. Tema Kesmas Mengajar (KEJAR) 2023 adalah ”Cerdas dan Kreatif Sebagai Bekal Generasi Sehat Berjiwa Aktif”. Tujuan kegiatan ini adalah menjadi wadah bagi mahasiswa Kesehatan Masyarakat untuk dapat mengasah kemampuan bersosialisasi, komunikasi, dan terutama mengabdi kepada masyarakat melalui kegiatan mengajar. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah anak usia Sekolah Dasar di Kampung Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat, dengan jumlah 20 peserta.

WhatsApp_Image_2023-05-24_at_13.25.27.jpeg

Kegiatan Kesmas Mengajar (KEJAR) 2023 ini pada pertemuan pertama dan kedua dipandu oleh Muhammad Rayhan Mahardika Prambudi dan Aisyah I’itimada yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN ”Veteran” Jakarta selaku MC, lalu di pertemuan ketiga dan keempat dipandu oleh Raissa Amira Zahida dan Almeria Annisa Putri mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN ”Veteran” Jakarta selaku MC, serta pada pertemuan kelima dan keenam dipandu oleh Nadila Awalia Fitri dan Mutiah Aisyah Putri mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN ”Veteran” Jakarta selaku MC.

WhatsApp_Image_2023-05-24_at_13.23.14.jpeg

Materi yang diberikan kepada peserta pada pertemuan pertama dan kedua mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dilanjutkan dengan pemaparan Interactive Media Learning. Lalu pada pertemuan ketiga dan keempat diisi dengan kegiatan Sebarkan Informasi Kesehatan (Sebari Sehat). Sebari sehat merupakan nama lain dari promosi kesehatan yang bertujuan untuk menyebarkan informasi kesehatan yang sudah peserta dapatkan di pertemuan sebelumnya dengan cara memberikan materi tentang pembuatan poster fisik, praktik CTPS, dan pilah sampah.  Untuk menyalurkan pemahaman peserta terkait materi yang sudah diberikan pada pertemuan satu hingga empat, di pertemuan kelima ini dilaksanakan kegiatan Aksi Kreatif (AKTIF) dengan cara membuat poster yang bertemakan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selanjutnya pada pertemuan terakhir, peserta mempresentasikan poster yang telah dibuat dan terdapat pemilihan tiga poster terbaik sekaligus penutupan kegiatan yang diakhiri dengan penyerahan bingkisan dan serifikat sebagai tanda terima kasih. (AAP)

Informasi