• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian Masyarakat CATUR : Cara Cerdik Atasi Fraktur di SMAN 34 JAKARTA

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 05 Desember 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 119

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 18 Oktober 2022 telah berlangsung kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “CATUR : CARA CERDIK ATASI FRAKTUR” kegiatan ini dilakukan secara offline di SMAN 34 JAKARTA.

WhatsApp_Image_2022-12-05_at_11.23.02.jpeg

Jumlah peserta yang hadir dalam pengabdian masyarakat yaitu 104 orang yang terdiri dari siswa/i kelas XII-IPS 3, XII-IPA 4, dan X E SMAN 34 JAKARTA. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan penyuluhan kesehatan dan sharing tentang fraktur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh pembimbing pengabdian masyarakat kelas C angkatan 2020 yaitu  Ns. Cut Sarida Pompey, S.Kep., M.N.S.

WhatsApp_Image_2022-12-05_at_11.23.35.jpeg

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/i SMAN 34 JAKARTA akan pentingnya mengenal fraktur dan cara mencegah terjadinya komplikasi pergerakan yaitu dengan fiksasi imobilisasi. Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan do’a bersama. Setelah berdo’a selesai, pemeriksaan fisik yaitu pemeriksaan tanda-tanda vital. Sebelum materi dipaparkan, peserta melakukan Pretest melalui link yang telah disediakan oleh panitia berupa Google Forms.

WhatsApp_Image_2022-12-05_at_11.26.05.jpeg

Materi pengabdian masyarakat yang berjudul FRAKTUR dipaparkan oleh mahasiswa/i UPN Veteran Jakarta angkatan 2020 kelas C. Sesi pemaparan dilakukan di 3 kelas yaitu kelas XII-IPS 3, XII-IPA 4, dan X E. Pemaparan sesi 1 dilakukan di kelas XII - IPS 3 yang dibawakan oleh Maudia Indriani dan Muhammad Iqbal Fajariyanto sebagai pemateri. Rahayu Oktavianti, Kharisma Indah Yuliarti, Putri Wahyu Setianingsih, dan Aulia Salsabilla sebagai demonstran. Pemaparan sesi 2 dilakukan di kelas XII-IPA 4 yang dibawakan oleh Hanum Ghossan dan Silva Fauziah sebagai pemateri. Andika Permata Putri, Binta Fahma Isnaeni, Khoirotun Nisa’I, dan Earlyza Keira Utomo sebagai demonstran. Pemaparan sesi 3 dilakukan di kelas X-E yang dibawakan oleh Marion Majesty dan Bidari Mansurotul Hamidah sebagai pemateri. Putri Sulistiyani, Ellyda Azzahra Arfinanda, Siti Fikriya Salim, dan Natasya Putri Damayanti sebagai demonstran. Materi dengan tema Fraktur yang diberikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu berisi pengertian fraktur, jenis fraktur, faktor risiko fraktur, tanda gejala fraktur, tindakan dan pertolongan pertama fraktur, dampak fraktur tidak ditangani, proses penyembuhan fraktur, perawatan serta pemulihan fraktur.

WhatsApp_Image_2022-12-05_at_11.26.18.jpeg

Setelah pemaparan materi selesai, panitia berdemonstrasi fiksasi imobilisasi. Tindakan yang demonstrasikan yaitu balut dan bidai. Peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan tindakan yang sudah didemonstrasikan. Setelah demonstrasi fiksasi imobilisasi selesai,  peserta melakukan Postest melalui link yang telah disediakan oleh panitia berupa Google Forms.

WhatsApp_Image_2022-12-05_at_11.23.22.jpeg

Informasi