• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Prodi Kesehatan Mayarakat UPNVJ melakukan Kampanye “Less Sugar, Less Problem” di Car Free Day Bundaran Hotel Indonesia

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 22 November 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 87

FIKES UPNVJ - Pada tanggal 20 November 2022, sebanyak 29 mahasiswa program studi kesehatan masyarakat program sarjana semester 3 kelas A melakukan kampanye “Less Sugar, Less Problem” di Car Free Day bundaran HI untuk memperingati  Hari Diabetes Sedunia yang jauh pada 14 November.

WhatsApp_Image_2022-11-22_at_15.59.53.jpeg

Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit kronis akibat tubuh yang tidak mampu untuk memproduksi hormone insulin. Salah satu tanda dari DM ialah tingginya kadar gula dalam darah. DM merupakan salah satu penyakit kronis dengan prevalensi penderita yang terus menagalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data Riskesdas tahun 2013 dan tahun 2018 bahwa tren prevalensi penyakit Diabetes Mellitus di Indonesia meningkat dari 6,9% menjadi 8,5 %. Salah satu permasalahan penyakit DM adalah sebagian besar penderita DM tidak menyadari jika dirinya menderita penyakit DM.

WhatsApp_Image_2022-11-22_at_15.59.57.jpeg

Oleh karena itu, untuk memperingati hari diabetes sedunia, project based learning mata kuliah Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat dengan bimbingan Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb, Bd., MKM melakukan kampanye di  Car Free Day bundaran HI  dengan tujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang pola hidup sehat dengan membatasi konsumsi gula sehingga dapat menurunkan risiko diabetes pada masyarakat.

WhatsApp_Image_2022-11-22_at_16.00.02.jpeg

Setiap mahasiswa membawa satu poster yang digunakan sebagai media edukasi untuk sebagai alat bantu dalam penyampaian informasi kepada masyarakat, selain itu setiap mahasiswa juga memberikan gula rendah kalori kepada masyarakat sebagai salah contoh pencegahan agar terhindar dari penyakit diabetes.

Selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit diabetes yang nantinya sebagai salah satu bentuk tindakan preventif terhadap penyakit diabetes, kegiatan ini juga bermanfaat bagi para mahasiswa yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman baru di lapangan dan juga dapat mengimplementasikan yang sudah dipelajari dalam mata kuliah Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat.

Informasi