• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

P2MD HIMADIKA 2022 “Serba – Serbi P2MD HIMADIKA dalam Menekan Tingkat Prevalensi Kasus Gizi Kurang di Kelurahan Gandul”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 28 November 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 76

FIKES UPNVJ - Tim P2MD HIMADIKA telah melaksankan program pemberdayaan masyarakat desa di Kelurahan Gandul, Depok. Program ini diimplementasikan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma. P2MD HIMADIKA memiliki serangkaian acara dimulai dari bulan Agustus – November 2022 untuk mendukung tercapainya visi dari program tersebut.  Kegiatan keempat adala Seminar dan Workshop P2MD HIMADIKA yang bertajuk tema “Wujudkan MPASI yang Berkualitas dengan Menggunakan Hasil Panen Sayur dengan Metode Hidroponik”. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin, 31 Oktober 2022 bertempat di Gedung Arsip BPK V Gandul, kegiatan berlangsung pukul 08.00 – 13.00 WIB.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_12.49.11.jpeg

Kegiatan seminar dan workshop telah dihadiri oleh para kader posyandu Kelurahan Gandul, para warga sekitar RW 09 BPK Gandul, petinggi perguruan tinggi seperti Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Dosen pembimbing, dan Petinggi Daerah seperti Ketua Kecamatan Cinere dan Ketua Kelurahan Gandul. Kegiatan ini menghadiri pemateri yang professional dalam bidang gizi yaitu dosen program studi gizi UPN “Veteran” Jakarta bernama Dr. Avliya Quratul Marjan, S.Gz., M.Si untuk melakukan pemaparan materi dan menjadi role model bagi para kader posyandu dalam pembuatan MPASI.   

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_12.49.25.jpeg

Kegiatan seminar dan workshop diawali dengan registrasi peserta dan dilanjutkan kegiatan panen sayur pakcoy di instalasi hidroponik yang dibangun oleh tim P2MD HIMADIKA dan warga. Kegiatan panen tersebut dilakukan oleh para kader posyandu dan warga sekitar lokasi kegitan seminar dan workshop dilakukan. Sesi materi diisi oleh pemaparan materi dipaparkan tentang gizi seimbang, pemanfaatan lahan, manfaat sayur-sayuran, strategi pemberian MPASI, dan cara membuat MPASI dengan memanfaatkan sayuran bayam, pakcoy, dan kangkung. MPASI yang dibuat dengan sayur bayam bisa dimodifikasi menjadi olahan telur bayam susu, lalu untuk sayur pakcoy bisa dimodifikasi menjadi pudding lumut pakcoy, dan untuk sayur kangkung bisa dibuat olahan keripik kangkung ataupun bubur manado. Setelah paparan materi selesai dilakukan sesi tanya jawab.

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_12.49.49.jpeg

Kemudian, sesi Workshop diisi dengan pembuatan produk MPASI yang akan dibuat oleh pemateri adalah telur bayam susu dan puding lumut pakcoy. Setelah sesi tanya jawab pemateri melakukan implementasi pembuatan produk MPASI terlebih dahulu kepada para peserta. Selanjutnya, beberapa kader mendemonstrasikan kembali cara pembuatan produk MPASI yaitu memasak telur bayam susu dan pudding lumut pakcoy yang sudah dicontohkan oleh pemateri. Para peserta diberikan kesempatan mencoba hasil produk MPASI yang sudah dimasak bersama.  Sesi terakhir adalah penutup dan foto bersama dengan seluruh peserta. 

Melalui kegiatan seminar dan workshop diharapkan dapat meningkatkan skills para kader posyandu atas pembuatan MPASI dengan pemanfaatan hasil panen sayur hidroponik hingga dapat menekan angka prevalensi gizi kurang di Kelurahan Gandul

Kegiatan kelima yaitu Implementasi hasil workshop. Setelah dilakukan seminar dan workshop mengenai MPASI, kami tim P2MD HIMADIKA bersama para kader posyandu mengimplementasikan output workshop yaitu membuat bersama produk inovasi MPASI berupa puding lumut pakcoy yang dibagikan kepada balita. Produk MPASI tersebut dibagikan kepada para balita yang mengunjungi posyandu. Para kader posyandu senang dan merasa terbantu bahwa posyandu sekarang memiliki menu inovasi untuk MPASI dan terlihat para balita menyukai produk MPASI yang kami berikan

Kegiatan akhir dari program P2MD HIMADIKA yaitu Grand Closing dan Penyerahan Instalasi Hidroponik pada Sabtu, 6 November 2022 berlokasi di Gedung Arsip BPK V Gandul. Kegiatan penutupan dihadiri oleh Ketua Kelurahan Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok . Wakil Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta, Kepala Jurusan Program Studi Keperawatan UPN “Veteran” Jakarta, Dosen Pembimbing P2MD HIMADIKA, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Cinere, Babinsa, Kamtibnas, Ketua RW dan RT Kelurahan Gandul, dan Ikatan Remaja Komplek (IRK).

WhatsApp_Image_2022-11-28_at_12.50.14.jpeg

Kegiatan Grand Closing dan Penyerahan Instalasi Hidroponik ini diawali oleh registrasi peserta dan sambutan para undangan. Kemudian, Sesi penyerahan instalasi hidroponik yang dilakukan oleh Ketua Pelaksana P2MD UPNVJ 2022 yaitu Shafa Cahya Kamila dan diterima oleh Ketua Lurah Kelurahan Gandul yaitu Nyai Aliyah, S.IP. Tim P2MD HIMADIKA juga merancang booklet yang akan diserahkan oleh para kader posyandu sebagai pembelajaran manual. Sesi penyerahan booklet diwakilkan oleh ketua Pokja 3 Kelurahan Gandul sebagai perwakilan kader posyandu Kelurahan Gandul.


Sesi penutupan ditutup oleh penyampaian kesan dan pesan oleh Ketua Ikatan Remaja Komplek (IRK) dan Perwakilan Pokja 3 Kelurahan Gandul serta kegiatan diakhiri oleh foto bersama.

Melalui serangkaian acara yang telah diselenggarakan tim P2MD HIMADIKA diharapkan meningkatnya pengetahuan tentang pemanfaatan tanaman hidroponik untuk inovasi MPASI , meningkatnnya pemahaman tentang gizi kurang para kader posyandu dan masyarakat kelurahan Gandul, dan dapat menekan angka prevalensi gizi kurang pada balita di Kelurahan Gandul, Kota Depok.

Informasi