• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FIKES UPNVJ Bermitra dengan RS Bhayangkara Brimob Depok Meluncurkan Pentahelix Sigap Sehati melalui Pelatihan Kesehatan Terintegrasi

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 29 November 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 138

FIKES UPNVJ - Fakultas Ilmu Kesehatan UPN "Veteran" Jakarta meluncurkan kegiatan Pentahelix Sigap Sehati melalui Pemberdayaan masyarakat berbasis pelatihan kesehatan terintegrasi kepada kader posyandu kelurahan tugu pada Senin 28 November 2022. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini melibatkan komponen akademisi dari FIKES UPN "Veteran" Jakarta dan tenaga profesional kesehatan dari RS Bhayangkara Brimob Depok.

IMG_0099.JPG

Pelatihan kesehatan terintegrasi kepada 380 kader posyandu se-kelurahan tugu meliputi delapan topik materi yaitu (1) monofilament test dan senam kaki diabetik, (2) Antropometri balita dan deteksi dini tumbuh kembang, (3) penanganan cedera (4) tanaman obat keluarga (TOGA) dan kreasi menu, (5) Sadari (Periksa Payudara Sendiri), (6) STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), (7) Kesehatan Lansia dan Deteksi Dini Stroke, (8) Kesehatan Reproduksi dan KIA

WhatsApp_Image_2022-11-29_at_10.05.07.jpeg

"FIKES UPN "Veteran" Jakarta menginisiasi kegiatan pentahelix sigap sehati ini untuk berperan dan berkontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat melalui kolaborasi antar profesi tenaga kesehatan. Keberadaan universitas seharusnya bisa dirasakan secara langsung kebermanfaatannya oleh masyarakat.  Melalui pemberdayaan kader posyandu se-kelurahan tugu diharapkan dapat menjadi langkah awal keberadaan FIKES UPNVJ dapat dirasakan kebermanfaatannya di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model praktik baik uang dapat diaplikasikan oleh universitas lain" kata Bapak Taufik Maryusman, S.Gz., M.Pd., M.Gizi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FIKES UPN "Veteran" Jakarta

IMG_0103.JPG

Kegiatan pentahelix sigap sehati kali ini diselenggarakan di kota depok berkolaborasi antara FIKES UPNVJ dengan Pemerintahan kota Depok, RS Bhayangkara Brimob dan Pihak industri yang ada di wilayah kota Depok khususnya Kelurahan Tugu. Salah satu kegiatan yang dilakukan di RS Bhayangkara Brimob adalah Pemberdayaan Masyarakat melalui pelatihan kader kesehatan terintegrasi yang diberikan oleh tim dari dosen FIKES UPNVJ, Instruktur dari RS Brimob dan melibatkan mahasiswa kepada para kader posyandu, Posbindu dan PKK sebanyak kurang lebih 380 kader.

WhatsApp_Image_2022-11-29_at_10.05.41.jpeg

Harapannya terhadap kegiatan ini adalah, kader memiliki pemahaman yang holistik terhadap kesehatan warganya karena kader adalah garda terdepan di masyarakat dalam penanganan kesehatan masyarakat" lanjut Ibu Ns. Santi Herlina, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.MB selaku Wakil dekan bidang kerjasama dan kemahasiswaan.

IMG_0142.JPG

Melalui kolaborasi kegiatan pentahelix sigap sehati diharapkan menjadi role model ke depan dalam mengintervensi khususnya untuk kader posyandu agar terampil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Melalui kegiatan yang bertajuk pentahelix ini, harapan terbesar yaitu kegiatan ini mampu meningkatkan derajat kesehatan semaksimal mungkin.

" tutup Bapak M.Ikhsan Amar, S.Gz., M.Kes selaku Ketua Pentahelix Sigap Sehati FIKES UPN "Veteran" Jakarta

IMG_0150.JPG

Salah satu kader posyandu mengutarakan kesannya bahwa "Dengan adanya pelatihan ini, saya sebagai kader posyandu baru dapat memperoleh bekal ilmu yang luar biasa". Adapun harapan yang disampaikan adalah bahwa "Semoga kedepannya kami kader posyandu dapat diundang kembali untuk mengikuti kegiatan seperti ini.

Informasi