• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

WORLD PHYSIOTHERAPY APPRECIATION DAY (WPAD) Hari 1

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 15 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 89

FIKES UPNVJ – Telah terselenggara kegiatan World Physiotherapy Appreciation Day (WPAD) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta pada Hari Sabtu hingga Minggu tanggal 10 dan 11 September tahun 2022 yang dilaksanakan secara luring di Desa Sukamanah, Kecamatan Cibeber, Cianjur dengan tema “Meningkatkan Kesadaran tentang Kesehatan dan Pemberian Pelayanan Fisioterapi kepada Masyarakat Sukamanah Cianjur”. Kegiatan World Physiotherapy Appreciation Day (WPAD) merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Sosial Masyarakat dalam memperingati Hari Fisioterapi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 September dan hari tersebut merupakan hari yang menandakan persatuan dan solidaritas global fisioterapi masyarakat. Kegiatan tersebut diselenggarakan guna membentuk rasa sosial pada jiwa mahasiswa/i Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN "Veteran" Jakarta Jakarta dan meningkatkan rasa kepedulian pada masyarakat melalui promosi kesehatan.

WhatsApp_Image_2022-09-15_at_07.58.06_(1).jpeg

Pada hari pertama, kegiatan World Physiotherapy Appreciation Day (WPAD) telah dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta yang berasal dari kalangan lansia dan remaja Desa Sukamanah, Cianjur. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta, Dosen Jurusan Fisioterapi dan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta yaitu Bapak Eko Prabowo, S.Fis, M.Fis, AIFO dan Calvin Muhammad Akbar selaku narasumber, Kepala Desa Sukamanah Cianjur, Ketua RT 01 Desa Sukamanah, serta Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah Yayasan Al-Fath.

WhatsApp_Image_2022-09-15_at_07.58.28.jpeg

Kegiatan ini dipandu oleh Elang Sangga Batista dan Ayu Sundari selaku Pembawa Acara yang merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta angkatan 2020 dan 2021. Kemudian kegiatan ini diawali dengan registrasi dan skrining peserta. Selanjutnya, panitia memobilisasi peserta untuk memasuki ruangan dan kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembukaan oleh Pembawa Acara, sambutan Ketua Yayasan Al-Fath oleh Bapak Muhamad Ramdan, SH., M.Pd, sambutan Sekretaris Desa Sukamanah oleh Bapak Mahfudin, sambutan Ketua Pelaksana World Physiotherapy Appreciation Day (WPAD) oleh Padilah Febiyahna, dan sambutan sekaligus membuka kegiatan oleh Bapak Eko Prabowo, S.Fis, M.Fis, AIFO.

WhatsApp_Image_2022-09-15_at_07.58.35.jpeg

Setelah foto bersama dan sambutan-sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Eko Prabowo mengenai materi osteoarthritis dan Saudara Calvin serta Azis membawakan materi mengenai Penanganan Awal Cedera  Akut pada saat di Lapangan. Pemaparan masing-masing materi dilakukan di tempat yang berbeda. Pada peserta lansia tetap berada di tempat, sedangkan peserta remaja dimobilisasi untuk berpindah ruangan yang telah disediakan. Setelah pemaparan dari masing-masing pemateri, kegiatan juga diiringi dengan demonstrasi terkait materi yang disampaikan. Kemudian, kegiatan diakhiri dengan penutup.

WhatsApp_Image_2022-09-15_at_07.57.09.jpeg

Informasi