• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kader Sehat Hipertensi Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 “KASENSI COVID-19” Masyarakat Berisiko Tinggi” Mitra Posbindu Dahlia Senja Kota Depok

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 15 September 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 49

FIKES UPNVJ - Pada hari Kamis, 8 September 2021 tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep.Sp.MB dengan anggota Ns. Mareta Dea Rosaline M.Kep dan Ns. Diah Tika Anggraeni, M.Kes telah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “KASENSI COVID-19” Kader Sehat Hipertensi Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 pada Masyarakat Berisiko Tinggi”. Kegiatan ini bekerja sama dengan Mitra Posbindu Dahlia Senja Kota Depok. Mitra dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah kader kesehatan yang berkontribusi dalam membantu mengatasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dalam hal ini adalah resiko tinggi terpapar COVID-19 pada masyarakat dengan comorbid Hipertensi.

Mareta1.jpg


Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menunjukkan bahwa kasus hipertensi sebesar 1,39 juta atau hampir 15,09 % warga jawa barat mengalami hipertensi. Kota Depok dilaporkan memiliki sekitar 44 ribu warganya yang memiliki hipertensi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar warga Depok termasuk dalam kelompok yang rentan terinfeksi COVID-19. Data dari Gugus Tugas Percepatan COVID menunjukkan bahwa sampai saat ini, jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 sebesar 78.572 dengan angka kematian sebesar 3.710. Di Provinsi Jawa Barat kasus terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 5.235, sedangkan di kota Depok sendiri, terdapat 890 pasien terkonfirmasi COVID-19. Selain itu, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebesar 2.719. Oleh karena itu, edukasi tentang penerapan protokol kesehatan pada masa adaptasi baru menjadi komponen yang sangat peting agar masyarakat tetap aman dari potensi penularan COVID-19, terutama pada kelompok yang rentan seperti pasien dengan hipertensi dan lansia. Dalam upaya tersebut, tentunya peran dari para kader kesehatan di masyarakat menjadi ujung tombak yang pertama, karena merekalah yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat. Oleh karena itu, kader sehat hipertensi “KASENSI” dapat menjadi solusi pengendalian penularan infeksi COVID-19 di masyarakat yang berisiko pada era new normal.

Mareta2.jpg

Acara ini diikuti oleh kader posbidu dahlia senja yang berjumlah 28 orang melalui zoom meeting. Pada awal kegiatan dilakukan pre test terkait pengetahuan hipertensi dan covid 19. Pendidikan kesehatan mengenai kader sehat hipertensi dan peranan kader sehat hipertensi di masa pandemi COVID 19  disampaikan oleh Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep.Sp.MB dan materi mengenai senam hipertensi disampaikan oleh Ns. Mareta Dea Rosaline M.Kep. Peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara yang diakhiri dengan senam hipertensi bersama secara dan post tes serta penyerahan souvenir untuk posyandu. Untuk monitoring dan evaluasi kader sehat hipertensi akan dilakukan saat pertemuan rutin kader di bulan selanjutnya.

Mareta.jpg

Informasi