• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "GERAK (Gempa: Edukasi, Respons, Adaptasi, dan Kesiapsiagaan)"

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 59

FIKES UPNVJ - Pada hari Selasa, 30 April 2024 telah berlangsung kegiatan GERAK (GEMPA: Edukasi, Respons, Adaptasi, dan Kesiapsiagaan) yang dilaksanakan di RT 02 RW 15 Kelurahan Limo Kecamatan Limo Kota Depok Jawa Barat. Kegiatan GERAK (GEMPA: Edukasi, Respons, Adaptasi, dan Kesiapsiagaan) merupakan kegiatan project mitigasi dan preparedness berbentuk penyuluhan dengan pendekatan ceramah terkait konsep gempa bumi. Kegiatan ini juga melakukan demonstrasi penanggulangan bencana gempa bumi. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada masyarakat yang secara tidak langsung akan mempengaruhi sikap dan perilaku terutama dalam mengurangi risiko dan dampak dari bencana sehingga masyarakat dapat mengantisipasi dan merespons situasi darurat setiap kejadian bencana yang terjadi, khususnya bencana gempa bumi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi tugas Praktik Kesehatan Matra Mahasiswa/i Program Studi Keperawatan Program Sarjana Angkatan 2020.

WhatsApp_Image_2024-05-07_at_09.15.31.jpeg

Kegiatan GERAK (GEMPA: Edukasi, Respons, Adaptasi, dan Kesiapsiagaan) dihadiri oleh Ibu Desak Nyoman Sithi, S.Kp.,MARS.,PhD selaku dosen pembimbing kami, Bapak Abdul Rozi selaku ketua RT 2 RW 15, dan warga RT 2 RW 15 Kelurahan Limo Kecamatan Limo.

WhatsApp_Image_2024-05-07_at_09.18.05.jpeg

Kegiatan GERAK (GEMPA: Edukasi, Respons, Adaptasi, dan Kesiapsiagaan) dimulai pukul 16.00 WIB yang dibuka oleh Siti Fathimah Azzahra (2010711113) selaku Master of Ceremony. Sebelum masuk acara inti warga mengisi pre test yang didampingi oleh kami. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis berupa plakat dari mahasiswa yang diwakili oleh Ketua Pelaksana dan Dosen Pembimbing kepada ketua RT 2 RW 15. Kemudian masuk acara inti yaitu penyuluhan terkait gempa bumi dan demonstrasi penanggulangan bencana gempa bumi yang dilakukan oleh Sila Aimanatul Afifah (2010711116) serta Silva Fauziah (2010711012). Setelah penyuluhan dan demonstrasi, dilanjutkan sesi tanya jawab serta mengisi post test. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan GERAK (GEMPA: Edukasi, Respons, Adaptasi, dan Kesiapsiagaan) warga RT 2 RW 15 dapat menambah pengetahuan, perubahan sikap dan keterampilan untuk menyiapkan diri sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana gempa bumi.

Link Video Hasil Mitigasi :

Informasi