• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Kuliah Promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Keselamatan Mengemudi pada Pengemudi Truk Logistik

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 29 Januari 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 191

FIKES UPNVJ - 26 Mei 2023 – Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja melaksanakan Project Based Learning dari Mata Kuliah Promosi Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang diampu oleh Ibu Azizah Musliha Fitri, S.K.M., MPH. dan Dr.Ns. Dyah Utari, S.Kep, M.K.K.K.

WhatsApp_Image_2024-01-29_at_13.29.09.jpeg

Salah satu kelompok mahasiswa semester 6 melakukan Project Based Learning di PT GoTrans Logistics International. Proyek yang dilaksanakan di Jalan Raya Jakarta - Bogor Jalan Belly No. KM 26, RT.7/RW.9, Pekayon, Kota Jakarta Timur, Jakarta.

Kegiatan proyek mengusung topik “Keselamatan Berkendara Bagi Pengemudi Truk Logistik” dan rangkaian kegiatan proyek antara lain :

Persiapan
Persiapan dilakukan sejak pertengahan bulan April 2023. Kelompok sepakat untuk memilih sasaran di perusahaan tersebut karena jumlah pengemudi yang bekerja setiap harinya berbeda-beda, terkadang terdapat kendala keterbatasan sumber daya yang mengakibatkan pengemudi yang baru selesai perjalanan harus diwajibkan. untuk keluar lagi demi mengejar target perusahaan. Sebelum melakukan promosi K3, kelompok terlebih dahulu membuat unit program penyuluhan yang memuat tanggal, jam, durasi, materi, metode, media, alat, bahan, dan rencana tahapan kegiatan. Setelah itu kelompok mempersiapkan segala alat dan bahan untuk melaksanakan kegiatan, seperti penyediaan materi, daftar hadir, soal pretest dan posttest, serta sepotong roti dan sebotol air mineral.

WhatsApp_Image_2024-01-29_at_13.28.41.jpeg

Penerapan
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023 pukul 09.00–09.30 WIB di PT GoTrans Logistics International dengan pembukaan acara dan perkenalan kelompok oleh Julivia Anggraini, pretest, pemberian leaflet kepada peserta promosi K3, supir truk logistik, materi pemaparan oleh Farah Namira Anjani, Natasha Putri Ayu Kayla, dan Carlos Piero Martua melalui metode promosi serta poster dan leaflet. Setelah itu dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab. Ditutup dengan peserta mengisi posttest.

Evaluasi
Evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan. Evaluasi dilakukan dengan mengamati hasil pretest dan posttest peserta.

WhatsApp_Image_2024-01-29_at_13.28.33.jpeg

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait keselamatan berkendara, dilakukan promosi kesehatan yang diikuti oleh 11 orang pengemudi truk logistik. Sebagai bentuk dukungan terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dilakukan pemberian poster dan leaflet kepada perusahaan tersebut serta stiker keselamatan kendaraan yang diterima oleh masing-masing pekerja.

Informasi