• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Volunteer Kegiatan Ayo Sehat Fest 2023 Kementerian Kesehatan RI

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 14 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 284

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, tanggal 12 November 2023 telah dilaksanakan kegiatan Ayo Sehat Fest 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-59. Hari Kesehatan Nasional yang ke-59 ini  memiliki  tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”. Rangkaian kegiatan acara ini meliputi lari marathon, edukasi menarik di tiap zona sesuai siklus hidup, mulai dari zona ibu hamil & menyusui, bayi & balita, anak-anak, remaja, dewasa, lanjut usia, hingga zona olahraga, talkshow, hiburan, serta penampilan musik dari RAN. Acara ini juga diikuti oleh ribuan kader kesehatan dari seluruh Indonesia. Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

WhatsApp_Image_2023-12-14_at_15.53.42.jpeg

Dalam kesempatan ini, 38 mahasiswa dari Program Studi Kesehatan Masyarakat Semester 3 Kelas A Mata Kuliah Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat di bawah bimbingan Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb, Bd., MKM diberikan kesempatan untuk berpartisipasi sebagai volunteer dalam kegiatan Ayo Sehat Fest 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Adapun pembagian tugas antara lain adalah Koordinator Peserta Volunteer, Divisi Registrasi, Divisi Mobilisasi Kader Kesehatan, Divisi Keamanan Ruang VIP & VVIP, Divisi Keamanan Ruang MC & Artis, Divisi Keamanan Panggung, Divisi Keamanan & Mobilisasi Goodie bag, Divisi Keamanan Parkir, Divisi Konsumsi, Divisi Keamanan & Mobilisasi Air Minum, Divisi Medis, dan Divisi Penanggung Jawab Zona. Pada penanggung jawab Zona, volunteer juga memberikan edukasi kesehatan singkat kepada seluruh pengunjung Zona.

Acara ini bertujuan untuk membantu pembangunan kesehatan yaitu dengan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Selain itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa yang berpartisipasi sebagai volunteer juga mendapatkan pengalaman dan melatih kemampuan mahasiswa dalam kegiatan turun lapangan ke masyarakat sesuai dengan  telah dipelajari dalam mata kuliah Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat. (NF/JR)

Informasi