• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PjBL Manajamen Fisioterapi Tumbuh Kembang Dan Pediatrik “Peran Fisioterapi Dalam Mendukung Perkembangan Anak Dengan Keterlambatan Perkembangan”

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 08 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 191
FIKES UPNVJ - Pada hari Rabu, 29 November 2023 telah dilaksanakan kegiatan Project Based Learning (PjBL) Manajemen Fisioterapi Tumbuh dan Pediatrik dengan tema “Peran Fisioterapi Dalam Mendukung Perkembangan Anak Dengan Keterlambatan Perkembangan” yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan mahasiswi kelompok 3 Prohram studi Fisioterapi Program Sarjana yang dilaksanakan di YSI (Yayasan Sayap Ibu) cabang Jakarta yang berlokasi di Barito, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh 33 wali. 32 wali murid peserta didik PAUD, 1 wali pengasuh YSI. Dan dihadiri oleh 35 anak. 33 anak yang bersekolah di PAUD, dan 2 anak yang tinggal di Panti YSI.
WhatsApp_Image_2023-12-08_at_16.54.03.jpeg
    
Acara dimulai pukul 08.30 WIB, dan selesai pukul 11.30 WIB. Acara dilaksanakan menjadi 2 bagian yaitu penyuluhan kepada orang tua wali murid, dan playtherapy dengan anak PAUD YSI. Acara penyuluhan yaitu dimulai dengan registrasi dan pembagian snack oleh Khalishah Zulka. selanjutnya pretest menggunakan kertas, kemudian acara dibuka oleh Varsha Ravita dan Muhamad Dafa, sebagai mc sekaligus pembawa materi. Dan dilanjutkan sambutan oleh Ibu Rena Mailani, S.Ft,Ftr., M.Biomed selaku dosen pembimbing kegiatan Project Based Learning (PjBL) Manajemen Fisioterapi Tumbuh dan Pediatrik kelompok 3, dilanjutkan dengan sambutan Bapak Darso selaku perwakilan dari Yayasan Sayap Ibu. Dan Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat oleh ketua kelompok Alma Etania kepada pihak Yayasan Sayap Ibu dan dokumentasi oleh Muhammad Syukran Haydar.
WhatsApp_Image_2023-12-08_at_16.55.18.jpeg
Acara berikutnya merupakan sesi pemaparan materi untuk orang tua dengan judul “Peran Fisioterapi Dalam Mendukung Perkembangan Anak Dengan Keterlambatan Perkembangan”. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh MC, dan dijawab oleh Ibu Rena selaku dosen pembimbing. Selanjutnya pengisian postes dan formulir screening WeeFim yang diisi oleh orang tua. Setelah selesai dilanjutkan dengan penutupan.
WhatsApp_Image_2023-12-08_at_16.53.55.jpeg
Untuk acara playtherapy anak PAUD dilakukan dengan Bagas Prasetyo, Fiolita Hasyahara, Azzahra Suci, dan Alma Etania. Playtherapy yang dilakukan yaitu dimulai dengan melakukan senam bersama, selanjutnya melompat dari satu titik ketitik lain, lalu makan kue bersama, dan dilanjutkan dengan mengelompokkan anak untuk bermain balok, puzzle, dan juga menyanyi. Lalu yang terakhir adalah pembagian hadiah untuk semua anak.
Informasi