• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Studi Lapangan Keperawatan Menjelang Ajal Dan Paliatif Kunjungan Ke Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah Kelas A 2019

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 30 Mei 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 299

FIKES UPNVJ – Pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 telah berlangsung kegiatan kunjungan studi lapangan yang dilaksanakan di Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah, Jakarta Timur. Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah adalah tempat singgah untuk anak-anak penderita penyakit kronik dengan latar belakang ekonomi yang kurang mampu. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa/i Kelas A Program Studi Keperawatan Program Sarjana Angkatan 2019 dalam memenuhi tugas akhir mata kuliah Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif.

WhatsApp_Image_2022-05-30_at_10.04.22.jpeg

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut mengangkat tema “Kamu Pejuang, Kita Pejuang! Bersama Berjuang Menjadi Pendamping yang Tangguh Bagi Anak Dengan Penyakit Kronik”. Kegiatan kunjungan studi lapangan ini dihadiri dan diikuti oleh orang tua/pendamping dan anak-anak penderita penyakit kronik. Acara yang dilaksanakan secara langsung di Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah diikuti oleh perwakilan teman-teman kelas A sedangkan untuk teman-teman lain tetap mengikuti kegiatan melalui zoom meeting. Sehingga semua mahasiswa/i tetap mendapat manfaat dari kegiatan ini.

WhatsApp_Image_2022-05-30_at_10.10.42.jpeg

Kegiatan kunjungan studi lapangan dimulai pada pukul 10.00 WIB dibuka dengan pembacaan doa oleh Nabila Nasya (1910711003) sebagai Master of Ceremony yang sekaligus menyampaikan terkait tata tertib yang harus diikuti selama acara berlangsung, dilanjutkan dengan sambutan dari  Zhafirah Zhafarina (1910711062) sebagai Ketua Pelaksana dalam kegiatan kunjungan kali ini, Ns. Lina Ayu Marcelina, M.Kep, Sp.Kep.Mat selaku Dosen pembimbing matakuliah keperawatan menjelang ajal dan paliatif, Bapak Zaenudin selaku Kepala Yayasan Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah dan Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep. Sp.Kep.MB selaku Ketua Program Studi Keperawatan Program Sarjana yang hadir melalui zoom meeting.

WhatsApp_Image_2022-05-30_at_10.06.55.jpeg

Kegiatan kunjungan ini difokuskan untuk mengedukasi orangtua/pendamping anak penderita penyakit kronik agar menjadi pendamping yang tangguh. Penyampaian materi tersebut disampaikan oleh Siti Luthfiana Hasena (1910711033). Sebelum penyampaian materi, CV dari narasumber juga dipaparkan. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara audiens dan pemateri dimana para orangtua sangat aktif dan antusias dalam mengajukan pertanyaan.  Setelah semua pertanyaan yang disampaikan audiens telah terjawab, mahasiswa/i menampilkan sebuah video anak-anak dengan penyakit kronik dan pendampingnya atau orangtua selama di Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa, dan ucapan terimakasih untuk peserta serta pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Sebagai ucapan terimakasih dan kenang-kenangan untuk Yayasan Rumah Singgah Sahabat Ayah Sarah, Mahasiswa Kelas A Keperawatan Program Sarjana Keperawatan Angkatan 2019 memberikan donasi yang diwakilkan oleh Ns. Lina Ayu Marcelina, M.Kep, Sp.Kep.Mat selaku Dosen pembimbing mata kuliah keperawatan menjelang ajal dan paliatif dan memberikan plakat yang diwakilkan oleh  Zhafirah Zhafarina (1910711062) sebagai Ketua Pelaksana.

Informasi