• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pelatihan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K)

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 08 April 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 534

FIKES UPNVJ-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Angkatan 6 sd 10 pada tanggal 3 April sd 8 April 2022 yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Jl. Raya Ciputat-Parung Km 19, Bojongsari, Depok. Kegiatan ini di ikuti oleh 25 Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) yang terdiri dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur, Universitas Masamus Merauke, Univesitas Sulawesi Barat, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Poilteknik Negeri Indramayu, Universitas Siliwangi, Politeknik Negeri Ketapang, Universitas Teuu Umar, Universitas Borneo Tarakan, Institut Seni Budaya Aceh, Politeknik Negeri Cilacap, Universitas Timor, Universitas Negeri Fak-Fak, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Tanah Laut, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Universitas Bangka Belitung, Universitas Samudra, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Manufaktur Babel.

WhatsApp_Image_2022-04-08_at_09.46.52.jpeg

Pada hari pertama dalam kegiatan adalah materi Dinamika Kelompok yang dipimpin oleh Pokja kelas Magdalena H. dan Khambali dalam pembagian Ketua Kelas dan Wali Kelas yang disertai Pra test, kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan Pembukaan yang dilakukan di Gedung Merah Putih oleh Kepala Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos., M.Hum dan beliaupun memberikan materi tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) Unggul, dan dilanjutkan pemberian matei ke 2 oleh Kokom Komala, S.Pd, M.Pd tentang Penjelasan Program Kerja, kemudian dilanjutkan dengan matei ke 3 yaitu Proses Bisnis dan Organisasi Tatalaksana.

WhatsApp_Image_2022-04-07_at_14.03.12.jpeg

Untuk meningkatkan kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dilakukan pembekalan melalui Latihan. Ada 4 (empat) materi yang disajikan sebagai bahan pembelajaran yaitu yang pertama Pengenalan Struktur Organisasi dan Tata Kerja yang meliputi Proses Bisnis dan Organisasi Tatalaksana, Whole of Government dan Literasi Digital di lingkungan Kemendikbudristek, Kedua Pengenalan Jabatan mengenai Renstra Kemendikbudristek dan Program Prioritas Kemendikbudristek, Ketiga Pengenalan Manajemen Kinerja Organisasi mengenai Manajemen PPPK dan Penilaian Kinerja dan Keempat Pengenalan Tugas dan Fungsi ASN di tempat Kerja yaitu Bangkom ASN bagi PPPK, Kode Etik dan Kode Perilaku di Kemendikbudristek, Etika Birokrasi diKemendikbudristek, Pola Pikir Aparatur Sipil Negara dan Rencana Tindak Lanjut.

Pelatihan_P3K.jpeg

Materi-materi ini dipandang sangat penting karena bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan terkait Nilai-nilai Dasar ASN yang profesional dan berkarakter serta mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat yang berkualitas, diperlukan sikap dan perillaku yang sesuai dengan nilai-nilai dasar pada Aparatur Sipil Negara. Pemahaman tersebut dapat dibentuk melalui pelatihan yang diselenggarakan secara klasikal (tatap muka langsung). Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka Pelatihan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), diselenggarakan dengan tujuan untuk membentuk 4 kompetensi, yakni 1. Memahami Struktur Organisasi dan Tata Kerja; 2. Memahami berbagai jenis jabatan; 3. Memahami manajemen kinerja organisasi; dan 4. Memahami peranan dan tugas ASN di tempat kerja. Laporan ini merupakan bagian dari tugas yang dipercayakan instansi kepada Pegawai dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Pegawai Di Lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Informasi