• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kajian Ramadhan Peningkatan Kualitas Kinerja Pegawai "Puasa dan Meningkatnya Kualitas Berpikir Bersama UPN Veteran Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 16 April 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 421

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat, 16 April 2021, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta mengikuti kegiatan "Kajian Peningkatan Kualitas Kinerja Pegawai" yang dilakukan secara virtual dan diikuti oleh seluruh dosen maupun tenaga kependidikan seluruh satker UPN Veteran Jakarta.

Kajian.jpg

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Rektor Ibu Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini semoga dapat memberikan semangat dalam bekerja meskipun dalam kondisi puasa ramadhan dan pandemi covid-19. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi ceramah oleh Bapak Dr.dr. H. Taufiq Fredrik Pasiak, M.Kes, M.Pd Selaku Dekan Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa bekerja juga harus diniatkan untuk beribadah sehingga dalam menjalanlan pekerjaan dapat memberikan totalitas, kesenangan dan keberkahan.

Kajian1.jpg

Otak merupakan tempat bertemunya spirit, mind dan body yang jika digunakan dalam bekerja maka akan menghasilkan kinerja yg baik. Terdapat lima kategori orientasi dalam bekerja : 
1. Amal (kerja)
2. Kasb (pendapatan)
3. Sakhara (untuk memperkerjakan atau menggunakan)
4. Ajr ( upah atau penghargaan)
5. Ibtigha'a Fadl Allah (mencari keutamaan Allah)

Rejeki tidak hanya serupa uang. Kesehatan keluarga, pekerjaan yg berkah, dikelilingi orang-orang yang baik, dijauhkan dari bahaya pun merupakan bagian dari Rejeki yang harus kita syukuri. 

Kajian2.jpg

Untuk bekerja dengan baik, maka harus memiliki emosi yg stabil dan ketenangan jiwa. Orang yang mengharapkan uang semata maka ketenangan jiwa tidak ia dapatkan. Manusia hidup dalam 3 dunia : rumah, pekerjaan, dan kehidupan sosial dan sebaik-baiknya pekerjaan adalah yang dapat memberikan ketenangan didalam ketiga dunia tersebut. Kestabilan emosi dapart memberikan ketenangan jiwa yang bisa didapatkan dengan mengingat Allah.

WhatsApp_Image_2021-04-16_at_08.54.31.jpeg

Informasi