• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tips Puasa untuk Ibu Hamil

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 02 Mei 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 195

FIKES UPNVJ - Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Memberikan Tips Puasa untuk Ibu Hamil. Ibu hamil yang dalam kondisi sehat dan tidak mengalami emesis atau morning sickness dapat tetap berpuasa. Periode yang aman untuk melakukan puasa yaitu pada trimester dua karena biasanya pada trimester pertama, bumil rentan mengalami emesis, mual muntah, jika berpuasa, dikhawatirkan tidak dapat memenuhi asupan gizi dan dapat mengganggu tumbuh kembang janin, sedangkan pada trimester ketiga jika dekat dengan hari perkiraan lahir, sebaiknya tidak berpuasa karena proses persalinan memerlukan kesiapan tenaga dan asupan gizi, selain itu untuk mencegah risiko bayi lahir dengan berat rendah.

tips8.jpg
Menu yang disarankan untuk ibu hamil yaitu menu seimbang saat sahur dan buka, yang terdiri dari :
1. karbohidrat 50-60% diutamakan cukup asupan karbohidrat kompleks dan serat untuk menghindari konstipasi
2. Lemak sampai 25%, diutamakan lemak esensial dari sumber ikan dan kacang2an,
3. Protein 15% dari sumber protein hewani dan nabati seperti telur, ikan dan kacang2an.
4. Kebutuhan Vitamin dan mineral selain di dapat dari makan utama dipenuhi dengan asupan buah.
5. Hindari konsumsi gula ,makananan manis juta yang mengandung kadar gula tinggi untuk mencegah diabetes gestational (gula darah tinggi saat hamil) dan membatasi makanan asin karena meningkatkan risiko eklamsi karena hipertensi.
6. Upayakan istirahat cukup, aktivitas yang ringan, tidak stress dan asupan cairan tercukupi.
Jika saat berpuasa ibu mengalami keluhan seperti mual,muntah dan penambahan berat badan tidak sesuai, maka sebaiknya ibu memilih untuk tidak berpuasa. (FAA)

#ramadhan #ramadhantiba #ramadan2020 #ramadan #puasa #puasaramadhan #puasa #tipspuasa #tipspuasabusui #tipspuasatemanbumil #tipspuasaibumenyusui

Informasi